Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cerdik Merek China Punya Mobil Berkualitas

Kompas.com - 23/08/2016, 13:31 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Beijing, KompasOtomotif – Cara cerdik dilakukan olehAutomotive Industry Holding (BAIC) yang menjadi induk dari beberapa merek mobil di China. Perusahaan otomotif ini berhasil meraih kesepakatan dengan Daimler, untuk mengembangkan model baru dari platform dan komponen lawas Mercedes E-Class.

Produk pertama akan terlahir dengan rupa sedan menengah, dan kabarnya akan mengaspal pada 2018. Namun, seperti mengutip Autoblog dari Automotive News China, Selasa (13/8/2016), masih belum diketahui secara spesifik, jenis platform E-Class apa yang digunakan.

Selain itu, BAIC juga akan menelurkan model sport utility vehicle (SUV) dan multi purpose vehicle (MPV), dari platform yang sama. Namun, untuk kedua model tersebut, belum ada bocoran kapan akan diperkenalkan.

BAIC akan menjual sedan dan SUV tersebut di bawah merek Senova, sementara untuk MPV, diberikan kepada merek Weiwang. Dari data wikipedia yang di-update pada 13 Agustus 2016, Daimler sendiri memiliki 12 persen saham pada kedua merek China tersebut.

Model-model kendaraan tersebut, juga akan dilengkapi dengan mesin hasil kerjasama Daimler dnegan BAIC. Di mana mencakup mesin turbocharged bensin 1.8-liter, mesin bensin 3.0-liter, dengan transmisi otomatis enam percepatan.

BAIC bukan mobil Cina pertama yang memanfaatkan kerjasama teknologi untuk pengembangan kendaraan. Sebelumnya sudah ada FAW Group telah meluncurkan serangkaian kendaraan penumpang menggunakan platform Mazda6. Kemudian Dongfeng Motor yang menghadirkan sedan unggulan Aeolus A9, dari basis Citroen C5.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com