Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rosberg Kena Penalti, Podium GP Inggris Dianulir

Kompas.com - 11/07/2016, 14:15 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Silverstone, KompasOtomotif – Nico Rosberg (Mercedes) terpaksa gigit jari karena podium kedua yang didapat di GP Inggris, Minggu (11/7/2016), lepas dari genggaman. Rosberg dihukum penalti 10 detik, hasilnya dia turun jadi juara ketiga, otomatis Max Verstapen naik jadi juara kedua sementara itu Lewis Hamilton tetap pertama.

Status Rosberg diinvestigasi stewards didapat sebelum finis. Percakapan dia dengan tim Mercedes dinyatakan melanggar aturan sebab pebalap tidak boleh dibantu kru di pit. Sebelum GP Inggris dimulai, FIA sudah menyampaikan kepada seluruh tim informasi yang boleh diberikan ke pebalap selama balapan semakin ketat.

Begini rekamanannya:

Rosberg: “Gearbox problem.”
Engineer: “Driver default 1-0-1, chassis default 0-1, chassis default 0-1.”
Engineer: “Avoid seventh gear, Nico, avoid seventh gear.”
Rosberg: “What does that mean, I have to shift through it?”
Engineer: “Affirm Nico, you need to shift through it. Affirm, you need to shift through it.”

Dalam pernyataan resmi FIA seperti disampaikan Motorsport.com, Minggu (11/7/2016), beberapa instruksi Mercedes buat Rosberg dinilai sah tapi sebagian dikatakan ilegal.

“Pebalap harus membalap mobil sendiri dan tanpa bantuan,” tulis stewards.

Pihak Mercedes mengatakan bakal mengajukan banding atas keputusan itu. Kondisinya darurat menurut Mercedes, informasi untuk menghindari gigi ke-7 agar Rosberg tetap bisa balapan.

Setelah hukuman penalti ini, Rosberg turun ke peringkat kedua dalam klasemen juara pebalap musim ini. Pria asal Jerman itu mengumpulkan poin 167, di belakang Hamilton 168 poin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com