Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumen Piaggio Bergantung pada Impor Vietnam

Kompas.com - 27/05/2016, 09:45 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Sepeda motor merek Vespa dan Piaggio saat ini yang dipasarkan ke Indonesia bukan diimpor dari Italia, melainkan diproduksi di Vietnam. Termasuk urusan pasokan suku cadang sampai sekarang masih dipasok dari Vietnam, tetapi ada juga beberapa bagian didatangkan dari Italia.

Tri Putra Ammana, After Sales Develompent and Sparepart Support PT Piaggio Indonesia (PID), menjelaskan, suku cadang yang didatangkan dari Italia biasanya bersifat penting atau di Vietnam tidak tersedia. Namun, proses pengirimannya tetap dilakukan dari Vietnam.

“Kita pesannya tetap ke Vietnam, tetapi kalau barang yang kita minta tidak ada akan diusahakan diambil dari Italia, tetapi ke Vietnam dulu baru dikirim ke Indonesia,” ujar Tri saat berbincang dengan KompasOtomotif di acara test ride Vespa dan Piaggio di Jakarta, Rabu (18/5/2016).

Baca juga: Piaggio Indonesia Jamin Kesiapan Suku Cadang

Tri melanjutkan, setelah tiba di Indonesia, suku cadang tersebut disimpan di gudang yang berada di Cakung, Cilincing, Jakarta Utara. Setelah itu disebarkan ke seluruh jaringan penjualan resmi, sehingga lebih cepat tiba, karena tidak ada orang kedua atau ketiga yang terlibat.

“Jaringan penjualan resmi kita yang 3S (sales, service, sparepart) jumlahnya ada 35 di seluruh Indonesia. Jadi diler pesan ke kita, baru kita pesan ke Vietnam. Kenapa seperti itu, karena kantor pusat Piaggio dan Vespa ada di Vietnam,” kata Tri.

Proses pengiriman dari Vietnam atau Italia, kata Tri, waktunya tidak tentu karena bisa saja terjadi masalah. Tetapi, perusahaan akan tetap menjamin ketersediaan suku cadang, baik yang sifatnya fast moving atau slow moving.

“Kita juga tetap punya stok, apalagi yang sering diganti, tetapi kalau tidak ada kita tetap harus pesan dan menunggu sampai tiba di Indonesia,” ucap Tri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com