Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertubuh Besar, Nissan Navara Masih Ideal Diajak Lincah

Kompas.com - 06/05/2016, 16:21 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

Kintamani, KompasOtomotif – Tim Ekspedisi Alam Liar, Jelajah 50 Gunung dalam 40 Hari masih melanjukan perjalanan. Senin (2/5/2016) pagi, usai Willem Sigar Tasiam (58) turun dari Gunung Agung, perjalanan berlanjut ke Gunung Batur di Kintamani.

Malam harinya, perjalanan dilanjutkan ke Tabanan menuju kaki Gunung Catur. Pendakian dilakukan keesokan paginya, Selasa (3/5/2016). Perjalanan dari Kintamani ke Tabanan sekitar 65 Km dengan waktu tempuh 2 jam. Jalan berkelok dan cukup curam, dengan banyak belokan tapal kuda.

Menghadapi jalan berkelok, kabin All New Navara yang didesain senyaman mobil penumpang, membantu menjaga suasana positif selama perjalanan terjaga. Meski nyaman, karakter asli All-New Navara sebenarnya merupakan pekerja keras, alias pengangkut beban.

Tikungan, turunan, dan tanjakan yang dilalui tak menjadi kendala apapun bagi rombongan selama perjalanan. Sedikit sentuhan di pedal gas mobil sudah bisa bergerak sigap. Kombinasi torsi puncak 450 Nm dan tenaga 187 tk terasa mantap pada putaran rendah saat turbo mulai bekerja maksimal.

Daya angkut bak lebih dari 1 ton di bak belakang serta kemampuan menderek hingga 3.500 kg lebih dari cukup untuk mengawal ekspedisi tim melintasi Pulau Timor, Bali, Jawa, dan Sumatera. Selain itu, Navara juga mampu menggerakkan empat rodanya bersamaan, menggunakan sistem gerak 4H.

KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Mobil Nissan Navara di batas pos pendakian terakhir di Gunung Raung, Jawa Timur, Kamis (5/5/2016).
Gunung Batukaru

Selasa (3/5/2016), usai Willem turun Gunung Catur, perjalanan dilanjutkan ke Gunung Batukaru di Tabanan. Jaraknya 50 Km dengan waktu tempuh 1,5 jam. Sama seperti sebelumnya, lanskap didominasi tanjakan dan turunan curam. Rombongan menginap di Pura Batukaru yang terletak di kaki gunung.

Rabu (4/5/2016) pagi, usai Willem turun dari Gunung Batukaru, rombongan bertolak ke Pelabuhan Gilimanuk. Jaraknya 99 Km dengan waktu tempuh 2,5 jam. Jalan cenderung lurus dan rata, menyusuri pesisir barat laut Bali. Kapal kemudian menyeberang menuju Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com