Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Kuno Mulai “Disiksa” Sejauh 3.715 Km

Kompas.com - 04/05/2016, 17:28 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Hari ini, Rabu (4/5/2016), Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PMKI), mulai melakukan touring dari Jakarta ke Sabang, Pulau Weh, Aceh. Perjalanan yang menempuh jarak 3.715 km ini diikuti 31 mobil klasik dari berbagai merek dan model.

Ketua Umum PPMKI Rony Arifudin, mengatakan, perjalanan dimulai pada pukul 09.30 WIB dari kawasan Sudirman Central Business District (SCBD). Mobil kuno yang umurnya paling muda buatan 1974 dan tertua 1949. Semuanya dalam kondisi prima dan siap menaklukan segala medan jalan di masing-masing daerah.

“Perjalanan etape pertama kita akan langsung menuju Lampung. Diperkirakan tiba pukul 17.00 WIB,” kata Rony saat dihubungi KompasOtomotif, Rabu (4/5/2016).

dok.PPMKI Touring mobil kuno ke Sabang

Seluruh mobil yang ikut, kata Rony, sebelumnya sudah dilakukan pengecekan. Sebab, semuanya harus dalam kondisi normal, baik kelistrikan, mesin hingga fungsi lampu utama dan rem.

“Namanya juga mobil tua, selalu ada masalah. Oleh karena itu, kita tetap menyediakan mekanik dan mobil towing,” kata Rony.

Sementara itu, selama diperjalanan meski mendapatkan kawalan petugas kepolisian, tetapi rata-rata kecepatan sudah ditentukan, yakni sekitar 40 kpj. “Kita juga tetap memetuhu peraturan lalu lintas, misalnya jika lampu merah tetap berhenti dan membawa peralatan lengkap seperti segitiga pengaman, P3K dan lain sebagainya,” ucap Rony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com