Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Estimasi Pajak Tahunan Mobil Sport di Jakarta

Kompas.com - 23/04/2016, 11:30 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Memiliki kendaraan bermotor di Indonesia, wajib untuk melakukan setoran pajak setiap bulannya. Tentu setiap mobil punya perbedaan besaran pajak, yang ditentukan sesuai dengan nilai jual dan spesifikasi kendaraan.

Penasaran berapa pajak mobil yang harganya miliaran, KompasOtomotif coba melakukan penghitungan secara sederhana. Sampel yang diambil yaitu mobil keluara terbaru McLaren 570S yang berkisar 6,99 miliar (530.000 dollar AS) atau  dibulatkan menjadi Rp 7 miliar.

Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2015 tentang perubahan Peraturan Daerah Nomor 8 tahun 2010 tentang Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), untuk kepemilikan mobil pertama, PKB yang dibebankan maksimal sebesar 2 persen.

Untuk menghitung besaran pajaknya, ada dua unsur yang harus pokok Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) dan koefisien bobot kendaraan bermotor dari sesuai Permendagri No. 29 tahun 2012 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor.

Anggap saja NJKB mobil mewah tesebut Rp 7 miliar, maka didapatkan hitungan, 7 x 2 persen x 1 (koefisien untuk jenis sedan sesuai Permendagri). Maka Pajak Kendaraan Bermotor yang dikenakan setiap tahun mencapai Rp 140 juta. Hitungan ini hanya sekedar PKB saja, belum termasuk biaya tambahan lain yang mungkin dikenakan pihak yang berwenang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com