Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prestasi Jeblok pada 2015, McLaren-Honda Siap Balikkan Keadaan

Kompas.com - 25/01/2016, 15:19 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Crash

Woking, KompasOtomotif — McLaren-Honda akan memulai musim balap Formula 1 (F1) dengan mesin yang lebih dahsyat. Hal itu didapat setelah tim yang bermarkas di Inggris itu melakukan perbaikan besar-besaran saat musim dingin.

Terempas karena ketahanan mesin dan performa kurang gereget dari mesin Honda, McLaren menjalani musim terburuk sejak 1980. Namun, kedua pihak kini dikabarkan menjalani masa yang lebih positif, terutama adanya perbaikan dari sistem Energy Recovery System (ERS) pada mesin.

Memang, kunci dari pengembangan mesin ini adalah ERS. Solusi lain yang sudah dijalani tim adalah memodifikasi rancang bangun mobil, hasil kerja keras Chief Engineer Peter Prodromou. Dia merelokasi tempat ERS dan menaikkan performa turbo.

Performa mobil berkode MP4-31 itu belum bisa dibuktikan sebelum meluncur resmi pada 21 Februari 2016 mendatang, dan mulai turun ke lintasan sehari setelahnya. Namun, sumber-sumber menyatakan bahwa peranti turbo akan menambah tenaga 70 tk, sedangkan dari ERS bisa tambah daya sebesar 160 tk.

Saat digabungkan (tenaga dari berbagai peranti dan mesin), McLaren-Honda dikatakan setara dengan apa yang dicapai Mercedes (berdasarkan laporan tes performa pada musim dingin).

Tes perdana akan dilakukan di Sirkuit Catalunya, delapan hari sebelum seri pembuka 2016 yang dilakukan di Australia, 18-20 Maret 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com