Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duo Merek China "Daftar Masuk" Indonesia

Kompas.com - 03/02/2016, 18:12 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Dua pemegang merek Wuling dan Sokon di Indonesia kini dalam proses menjadi anggota organisasi nirlaba para agen pemegang merek, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Noegardjito, Sekretaris Umum Gaikindo mengatakan pendaftaran keduanya sudah dilakukan sejak dua bulan lalu. Posisinya sekarang masih proses menunggu menyelesaikan administrasi yang belum lengkap.

“Yang penting asal dokumen yang kita persayaratkan lengkap ya semuanya beres,” kata Noegardjito di Jakarta, Selasa (2/2/2016).

Salah satu dokumen yang diperlukan, jelas Noegardjito, yakni persetujuan dari induk perusahaan. Dokumen itu jadi bukti pendaftar merupakan representatif atau agen tunggal, hal ini juga berpengaruh pada penanggungjawab purna jual di Indonesia.

Wuling merupakan merek mobil yang akan diproduksi di Kawasan Greenland International Industrial Center (GIIC), Cikarang, Bekasi. Pendirian pabrik itu dikelola PT SGMW Motor Indonesia hasil komitmen tiga perusahaan besar yakni SAIC Motor Corporation Ltd, General Motor, dan Guangxi Motor Corporation.

autohome.com.cn Tampilan depan Fengguang mirip VW Tiguan.
Sokon juga akan diproduksi di Indonesia di bekas pabrik sepeda motor Sanex yang tidak lagi terpakai. Lokasi pabrik di Cikande, Serang, Banten. Operasi Sokon di dalam negeri dikomandoi PT Sokonindo Automobile.

Selain berusaha menjadi anggota Gaikindo. Kedua pihak merek juga sudah resmi menyatakan keikutsertaannya dalam pameran otomotif, Gaikindo Indonesia International Auto Show yang akan digelar pada 11 - 21 Agustus 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com