Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Mobil Murah Asal China “Serbu” Indonesia

Kompas.com - 21/08/2015, 07:41 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Tangerang Selatan, KompasOtomotif — Rencana produsen otomotif SAIC-GM-Wuling (SAIC Motor, General Motors, dan Liuzhou Wuling Motors Co Ltd) membuktikan keseriusannya masuk ke industri otomotif Indonesia. Pada Kamis (20/8/2015), perusahaan otomotif gabungan asal China ini telah melakukan proses ground breaking.

Peletakan batu pertama pabrik perakitan Wuling ini dilakukan oleh Dirjen Industri Logam Mesin dan Alat Transportasi (ILMATE) Kemenperin I Gusti Putu Surjawirawan di Karawang International Industry City (KIIC).

“Peletakan batu pertama pabrik Wuling dilakukan oleh Pak Dirjen. Saya tidak bisa karena ikut Pak Wapres (Jusuf Kalla) meresmikan pameran ini. Tapi malam harinya juga ada acara lagi dan saya datang,” ungkap Menteri Perindustrian RI Saleh Husin di Tangerang Selatan, Kamis (20/8/2015).

Pabrik yang berdiri di atas lahan seluas 30 hektar ini, lanjut Saleh, nilai investasinya jika dikonversikan mencapai Rp 9,2 triliun. Pabrik tersebut akan memiliki kapasitas produksi per tahunnya mencapai 150.000 unit.

“Ini adalah salah satu upaya pemerintah agar benar-benar Indonesia dijadikan basis produksi, tidak lagi sebagai pasar,” tegas Saleh.

Saleh menambahkan, pabrik perakitan Wuling itu diperkirakan mulai beroperasi pada 2017 mendatang. Wulling juga dikabarkan ingin masuk dalam segmen mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC). Selain itu, perusahaan berusaha menembus segmen paling seksi, low MPV 7-penumpang, yang dihuni Avanza, Xenia, Ertiga, Mobilio, dan Spin.

Tak hanya itu, Wuling juga dikabarkan bakal mengandalkan model yang sudah dijual di China, Hongguang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com