Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

”Janji Suci” Produsen Mobil Sejuta Umat Asal China

Kompas.com - 29/01/2016, 09:31 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Komitmen jangka panjang SAIC-GM-Wuling (SGMW) Indonesia untuk bermain di pasar otomotif Tanah Air dipertegas dengan investasi yang tak main-main.

Perusahaan patungan dari China yang akan memproduksi MPV merek Wuling itu tak hanya menyiapkan pabrik, tetapi juga rantai pasokan serta semua hal yang berhubungan dengan layanan purna jual.

Presiden PT SGMW Motor Indonesia Xu Feiyun menyatakan bahwa hal ini dilakukan kaena kelak ketika MPV Wuling mulai dijual, konsumen tak perlu lagi meragukan keberadaannya. Bahkan kelak, produk yang diproduksi di Indonesia juga akan menjadi barang ekspor ke kawasan ASEAN.

”Saat ini, kami telah bermitra dengan sekitar 20 produsen komponen lokal Indonesia dan kami juga akan membawa sekitar 15 pemasok komponen terkenal untuk berproduksi di kawasan pabrik kami. Strategi ini merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan SGMW Indonesia,", kata Feiyun kepada media di Jakarta, (28/1/2016).

SGMW yang merupakan produsen besar di China, menilai  industri otomotif Indonesia memiliki potensi dan peluang besar. Atas dasar itu, SGMW Indonesia didirikan pada 2015, lalu menyiapkan pabrik dengan peletakan batu pertama diadakan pada 20 Agustus 2015 silam.

Perusahaan, menurut Xu, berjanji selalu mendengarkan masukan dari pelanggan Indonesia agar dapat lebih memahami kebutuhan masyarakat. Dengan demikian, tujuan akhir dengan produk yang diterima masyarakat serta menjadi salah satu pemain penting di industri otomotif Indonesia akan tercapai.

Total investasi untuk mendirikan SGMW Indonesia berkisar 700 juta dollar AS atau setara Rp 9,7 triliun. Pabrik yang dibangun terletak di Greenland International Industrial Center, Cikarang, Jawa Barat, di atas lahan seluas 600.000 meter2.

Pabrik ini dijadwalkan mulai beroperasi pada 2017 dan juga akan menjadi basis produksi untuk memperluas bisnis perusahaan ke negara-negara di ASEAN. Produk pertama SGMW Indonesia adalah MPV 7-penumpang yang akan diluncurkan dengan merek Wuling.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com