Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Yamaha Tinggalkan Nama ”MT” untuk Xabre?

Kompas.com - 01/02/2016, 15:15 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bogor, KompasOtomotif – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tak serta-merta menggunakan nama ”MT” untuk sepeda motor street naked (telanjang) advance. Sempat diisukan menggunakan nama MT-15, toh akhirnya Xabre dipilih dan kini menjadi bahan perbincangan biker.

Soal nama ini, COO and Executive Vice President YIMM Dyonisius Beti mengaku sempat di-bully oleh banyak kalangan. Alasannya macam-macam, ada yang mencibir karena susah diucapkan, ada juga yang mencemooh karena menjiplak istilah dalam film.

”Xabre memang lahir dari MT-Series. Tapi ini international product, bukan global model. Penamaan bisa berbeda tergantung pemilihan di masing-masing negara yang memproduksinya. Yang jelas, Xabre kami pilih sebelum Star Wars ditayangkan,” ucap Dyon di Sentul Karting Circuit, Bogor, (1/2/2016).

Mohammad Masykur, Asisten GM Pemasaran YIMM menjelaskan soal perbedaan international product dan global model itu. Jika berstatus international product, artinya, hanya desain yang digunakan. Penamaan dan penggunaan aksesori bisa berbeda-beda.

Lain halnya dengan global product, yang mana sepeda motor diproduksi di satu negara dan dikirim ke berbagai negara di dunia.

Xabre berarti ”pedang cahaya” dengan konsep tajam-tajam. Konsep sepeda motor ini memang berbeda, tak bisa dijumpai pada sepeda motor mana pun. Mulai dari posisi berkendara, sampai desain yang sangat agresif dan di luar kebiasaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com