Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Finis, "Datsun Risers Expedition" Sampai di Banjarmasin

Kompas.com - 21/01/2016, 18:07 WIB
Azwar Ferdian

Penulis


Banjarmasin, KompasOtomotif - Perjalanan panjang Datsun Risers Expedition etape kedua di Pulau Kalimantan sukses menyentuh garis finish di kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Petualangan mencapai Kota Seribu Sungai ini ditempuh Datsun Go+ Panca dari Balikpapan Kalimantan Timur, sebagai titik start perjalanan.

Total 15 risers mengandalkan 5 unit Go+ Panca menempuh jarak hampir 500 kilometer bila dihitung dari titik awal perjalanan. Peserta sempat singgah di kota Tanjung, setelah melewati penyeberangan sungai menggunakan kapal feri di Penajam.

Perjalanan kembali dilanjutkan dari Tanjung menuju Loksado untuk memberikan bantuan kepada SDN Loklahung, sebagai bagian dari misi perjalanan. Hingga di hari terakhir dari Loksado menuju kota Banjarmasin, melewati Martapura untuk melihat pendulangan intan.

"Sebenarnya perjalanan paling menarik yaitu ketika menuju kota Tanjung di hari pertama. Cuaca hujan deras, jarak pandang pendek, dan sempat melewati jalan longsor. Sempat khawatir, tapi ternyata Go+ Panca mampu melintasi jalanan terjal itu," jelas Hana Maharani, Head of Communication Nissan Motor Indonesia yang ikut dalam perjalanan di etape kedua ini.

Pendulangan intan
Pada hari ketiga etape kedua ini, destinasi yang paling menarik adalah melihat pendulangan intan di Martapura. Para peserta bisa melihat langsung para pekerja yang mencari batu mulia tersebut dari dekat.

Terlihat para risers ini sangat antusias melihat proses pendulangan, dari hanya bebatuan campur pasir dan air sampai menjadi intan. Tak ingin melewati kesempatan mendapatkan batu, risers ini juga banyak yang membeli batu-batu cantik yang ditawarkan oleh penduduk lokal.

Selepas kegiatan di Martapura, perjalanan dilanjutkan buat mencapai diler Nissan di Jalan Ahmad Yani, Banjarmasin, sebagai titik finish.

Perjalanan belum berakhir, Datsun Risers Expedition di Pulau Kalimantan ini akan berlanjut di kota Pontianak hingga perbatasan Indonesia-Malaysia, sebagai etape ketiga. Semua rangkaian perjalanan ini menjadi bukti ketangguhan Datsun Go+ Panca sebagai mobil yang bisa diandalkan masyarakat Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com