Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat! Cuma Datsun yang Berani

Kompas.com - 20/01/2016, 15:15 WIB
Azwar Ferdian

Penulis


Loksado, KompasOtomotif - Perjalanan Datsun Risers Expedition Etape kedua gelombang ketiga benar-benar menantang. Bagaimana tidak, jalur yang dilalui ekstrem dan hanya dilewati oleh mobil-mobil dengan spesifikasi khusus.

Awalnya perjalanan hari pertama berlangsung lancar, dengan cuaca cerah sampai ke penyeberangan Kariangau, dari Balikpapan menuju Penajem Paser Utara. Lintas via kapal feri ini dipilih untuk mempersingkat perjalanan, mengingat kota Tanjung, Kalimantan Selatan yang menjadi persinggahan pertama membutuhkan waktu yang panjang.

Selepas kapal bersandar di Penajem, petualangan pun dimulai. Jalur berkelok yang diwarnai dengan tanjakan dan turunan tajam menjadi arena yang harus dilintasi para risers dengan Datsun GO+ Panca.

Namun, jalanan yang dilahap bukanlah hamparan aspal mulus, melainkan aspal berlubang plus hadangan dari kendaraan-kendaraan besar seperti double cabin sampai truk besar. Selama perjalanan, jarang sekali bersua dengan mobil kecil apalagi model mobil LCGC seperti GO+ Panca.

Hujan lebat menambah seru perjalanan yang harus ditempuh dalam waktu sekira 7 jam ini. Di tengah perjalanan, tiba-tiba rombongan dikejutkan dengan jalanan yang longsor. Aspal sudah tertutup dengan tanah yang licin, serta jalanan yang menanjak.

Nissan All-New Navara dan All-New X-Trail yang menjadi road captain, harus mengeluarkan usaha ekstra buat menaklukan tanjakan berlumpur tersebut. Risers berhenti sejenak untuk diberikan sedikit panduan melewati jalan tersebut agar tidak kehilangan traksi.

Satu per satu Datsun GO+ Panca yang mengusung mesin 1.200 liter ini merayap naik dengan menjaga momentum. Tapi, medan benar-benar sulit hingga beberapa pengemudi kehilangan traksi dan selip.

Di sinilah ketangguhan LCGC ini benar-benar teruji. Perlahan tapi pasti, para risers bisa melewati tanjakan tersebut dan perjalanan pun kembali dilanjutkan, dan rombongan Datsun Risers Experience bisa tiba di kota Tanjung dengan selamat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com