Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota "Kejar Tayang" Produksi Generasi Baru Fortuner di Karawang

Kompas.com - 18/01/2016, 09:03 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Jelang agenda peluncuran resminya, Jumat (22/1/2016) mendatang, Toyota Indonesia sebagai basis produksi Fortuner di ASEAN sudah melakukan berbagai persiapan produksi massal.

Fakta ini diperoleh dari kunjungan KompasOtomotif ke pabrik mesin milik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Sunter, Jakarta Utara, Jumat (15/1/2016). Dalam kunjungan ini, tak sengaja memergoki beberapa gelondong mesin bensin untuk Fortuner, berkode 2TR, berkapasitas 2.7 liter yang diproduksi di tempat ini.

Mesin ini, kemudian dikirim ke pabrik di Karawang untuk dirakit penuh, mengisi jantung pacu di balik kap mesin. Sedangkan untuk mesin diesel terbaru, Toyota Indonesia masih mengandalkan pasokan dari negeri jiran.

"Kita memasok mesin diesel dari Thailand. Sedangkan, bensin kita ekspor ke sana (Thailand). Jadi, saling pasok saja, intinya," kata Edward Otto Kanter, Direktur Senior TMMIN di sela kunjungan berlangsung.

Sementara untuk kebutuhan transmisi, sampai saat ini Toyota Indonesia masih mengandalkan pasokan dari Filipina untuk jenis manual. Sedangkan untuk transmisi otomatis diimpor langsung dari Jepang.

Selain mesin bensin untuk Fortuner, pabrik ini juga memproduksi pusat tenaga pada Kijang Innova (bensin). Termasuk, mesin 2TR khusus yang mampu mengonsumsi Etanol hingga 90 persen. Sejak 2010, TMMIN mengekspor mesin etanol ini ke Argentina dengan kuota, rata-rata 600 unit per bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com