Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Indonesia Segera Rayakan Produksi 3 Juta Unit

Kompas.com - 18/01/2016, 07:01 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Toyota Indonesia bersiap untuk merayakan momen bersajarah di Indonesia, tahun ini. Merek mobil terbesar dari Jepang itu akan merayakan produksi ke 3 juta unit, selama beroperasi di Indonesia, sejak 1971.

Rencana ini terkuak dari presentasi yang disampaikan oleh Nandi Julyanto, Direktur Rekayasa Produksi dan Pabrik Karawang PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Lembang, Bandung, Jumat (15/1/2016) malam.

"Kami akan merayakan pencapaian produksi 3 juta unit, mudah-mudahan bisa tercapai April tahun ini," kata Nandi.

Setelah ditelisik lebih lanjut, ternyata tahun ini (2016), Toyota juga akan merayakan kehadirannya di Indonesia selama 45 tahun beroperasi. Jika melihat data produksi periode 2010-2015 yang diperoleh KompasOtomotif, total produksi model-model bermerek Toyota sudah mencapai 2,5 juta unit lebih. Ini belum tambahan, tahun-tahun sebelumnya, yang jumlahnya memang relatif lebih sedikit, karena pabrik belum jadi.

Satu hal lain, capaian ke-3 juta unit produksi ini, dihitung dari model-model bermerek Toyota di Indonesia. Artinya, bukan cuma model-model yang diproduksi TMMIN, seperti Kijang Innova, Fortuner, Etios Valco, Nav-1, Vios, dan Yaris. Tetapi beberapa jenis lain yang diproduksi pabrik PT Astra Honda Motor, yakni Avanza, Agya, dan Rush.

Lewat pencapaian ini, Toyota Indonesia terus berharap untuk bisa menjadi yang terbesar, sekaligus terlaris di Indonesia dalam tahun-tahun mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com