Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspor Vios “Meledak” 200 Persen

Kompas.com - 21/12/2015, 17:31 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Dalam laporan kinerja selama Januari – November 2015, Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengungkap total ekspor Completely Built Up (CBU) Toyota Vios dari dalam negeri meningkat 200 persen dibanding volume pada periode yang sama 2014.

Selama 11 bulan 2014 cuma ada 24.000 unit Vios yang dikirim ke luar negeri, tapi tahun ini ekspor sedan ringkas itu mencapai 48.000 unit. Prestasi itu menjadikannya model ekspor terbesar TMMIN pada 2015, melewati Fortuner.

KompasOtomotif-Agung Kurniawan Toyota Vios yang siap diekspor ke Timur Tengah
Sejak awal dilokalisasi di Tanah Air pada 2013, Vios langsung ditujukan buat pasar domestik dan Asia Tenggara. Setelah itu ekspor memenuhi permintaan dari kawasan Timur Tengah.

Total ekspor Vios meningkat bertahap, mulai dari 1.500 unit hingga 3.500 per bulan. Hingga sekarang seluruh unit Vios yang diekspor ke mancanegara tercatat lebih dari 75.500 unit.

“Keberhasilan ekspor Vios membuktikan kemampuan industri otomotif Indonesia untuk bersaing di pasar internasional. Sebagai negara dengan potensi yang besar, industri manufaktur Indonesia harus berorientasi ekspor agar bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan pemain yang diperhitungkan di pasar internasional”, kata I Made Dana Tangkas, Direktur Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com