Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Kaca Film Mampu Menghemat BBM?

Kompas.com - 15/10/2015, 18:29 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Menghemat bahan bakar bisa dengan banyak cara. Paling umum dilakukan adalah memaksimalkan kinerja mobil dengan servis rutin, atau menggunakan bensin beroktan sesuai dengan spesifikasi mesin. Tapi di luar itu, ada hal-hal lain yang diklaim ikut andil membuat pemakaian bahan bakar lebih terkendali.

Selain penggunaan ban punya daya hambat kecil, kaca film ternyata juga dikatakan ikut menghemat bahan bakar. Dari mana? Teori sederhananya berasal dari kinerja AC yang tak terlalu berat akibat dari kabin yang tak terlalu panas (karena menggunakan kaca film yang menolak panas).

”Saat kabin tak terlalu panas, start up (memulai) menyalakan AC pada suhu yang tak terlalu dingin sudah cukup. Penggunaan AC yang terlalu berat akan menghemat bahan bakar. Saat memakai kaca film dengan peredam panas yang efektif, hemat bisa mencapai 3 persen,” ujar Billy Susanto, Customer Support Manager PT V-Kool Indo Lestari dalam workshop media, (15/10/2015), di Jakarta.

Ditambahkan Billy, penghematan 3 persen bahan bakar artinya sudah mengurangi 132 kg CO2 (karbondioksida) dalam setahun. Lebih jauh lagi, jumlah itu sama halnya dengan kita menanam 11 pohon dalam setahun. Jika setiap mobil menggunakan kaca film yang efektif menolak panas, dan kionerja AC tak dipaksa, kondisi ideal itu akan tercapai.

Tentu hal ini bukan menganjurkan pengguna mobil tak menggunakan AC, atau secara terus menerus menetapkan temperatur yang tak terlalu dingin. Tapi memang kinerja pendingin kabin mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Seiring waktu, performa pendingin kabin bisa saja menurun. Akibatnya, kerja AC dalam menjaga kesejukan kabin pun tidak bisa maksimal.

Saat kinerja AC terus dimaksimalkan. Alhasil, sistem pendingin dipaksa bekerja penuh. Padahal AC membebani kerja mesin dan ujung-ujungnya, bahan bakar yang disuplai akan semakin banyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com