Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Lebih Suka ”Bebek Super” daripada ”Ayam Jago”

Kompas.com - 13/07/2015, 15:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tidak ingin terbawa arus dengan niatan Honda melepas Sonic, pesaing Suzuki Satria FU di segmen bebek ”ayam jago”. Meski nanti keduanya bakal bersaing berebut kue, Yamaha dipastikan tak bakal merecoki.

Asisten GM YIMM Mohammad Masykur mengatakan bahwa segmen ayam jago tak begitu besar, dan Yamaha tak tertarik memasarkannya. ”Sebenarnya ini bukan segmen baru. Lagipula Yamaha punya MX King yang andal sebagai pesaing bebek sport,” kata Masykur.

Dirinya pun memberi contoh, saat Yamaha bermain di segmen ini pada era 1990-an Champ. Ayam jago Yamaha 2-tak ini tak sesukses model lain. Lalu Yamaha ingin mencoba lagi di era 2000-an dengan Tiara yang tak kunjung cemerlang.

Sementara saat memasarkan Jupiter MX dan saat ini berevolusi menjadi MX King untuk varian tertinggi, volume penjualan sangat menjanjikan. Di saat Satria FU terjual 6.000-7.000 unit sebulan, MX King mencapai 16.000-an unit per bulan.

”Saat ini sudah cukup dengan MX King. Kami tidak menyebut MX King sebagai ayam jago, tapi bebek super. Biarkan kompetitor bersaing, masing-masing punya strategi. Kalau kami bikin juga nanti malah tidak fokus,” ujar Masykur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com