Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Tabrak Fiat 500 Hanya Raih Bintang Empat

Kompas.com - 23/04/2015, 13:53 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber Carscoops
Brussels, KompasOtomotif - Lembaga nirlaba keselamatan kendaraan Euro NCAP baru saja meluncurkan empat hasil tes tabrak mobil-mobil yang dipasarkan di Eropa. Dari seluruh model yang dites, dua diantaranya dipasarkan juga ke Indonesia, yakni Mazda2, Fiat 500X, Renault Espace, dan Suzuki Vitara.

Hasil terbaik lima bintang, diperoleh Vitara dan Espace, sedangkan Fiat 500X dan Mazda2 hanya menerima empat bintang.

Mengejutkan, SUV menengah Suzuki itu berhasil meraih nilai lebih baik ketimbang merek Perancis, Renault. Vitara meraih presentase nilai 89 persen untuk perlindungan orang dewasa, 85 persen anak-anak, 76 persen pejalan kaki, dan 75 persen untuk bantuan keselamatan. Fitur sistem Autonomous Emergency Braking membuat kendaraan ini lebih aman.

Sementara, Renault Espace meraih presentase 82 persen untuk perlindungan orang dewasa, 89 persen anak-anak, 70 persen untuk pejalan kaki, dan 80 persen bantuan keselamatan. Dalam tes tabrak depan, struktur dasbor masih berpotensi menyebabkan cidera pada bagian sisi penumpang. Sedangkan, tes tabrak samping, memperlihatkan bagian belakang pintu pengemudi terbuka, menunjukan potensi pengemudi terlempar ke luar kendaraan.

Sistem pengereman otomatis tidak ditawarkan sebagai fitur standar.Sementara itu, Fiat 500X menerima presentase 86 persen perlindungan bagi orang dewasa, 85 persen untuk anak-anak, 74 persen bagi pejalan kaki, dan 64 persen bantuan keselamatan.

Crossover ini gagal mendulang nilai, karena sistem Autonomous Emergency Braking tidak ditawarkan sebagai fitur standar. Ini sebabnya, mengapa Euro NCAP tidak melakukan pengujian berkendara dalam kecepatan rendah di dalam kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com