Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qoros 3, Mobil China Paling Aman di Eropa

Kompas.com - 10/01/2014, 16:55 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Brussels, KompasOtomotif - September lalu, sedan Qoros 3 menjadi mobil “made in China” pertama yang mendapatkan lima bintang usai diuji oleh organisasi penilaian kinerja keselamatan mobil Eropa (Euro NCAP ). Pencapaian itu mengagumkan, namun yang lebih hebat lagi mobil produksi pabrikan kongsi China-Israel ini diberi gelar sebagai salah satu mobil paling aman yang pernah diuji Euro NCAP selama 2013.

Dari 33 mobil yang dites, dibagi dalam 7 kategori, Qoros 3 mendapatkan nilai tertinggi duntuk seluruh kreteria yang penilaian, khususnya untuk mobil keluarga kecil. Nilai tertinggi diperoleh untuk keselamatan penumpang dewasa 95 persen, anak kecil 87 persen, pejalan kaki 77 persen, dan sistem keselamatan lain 81 persen.

Uji tabrak Euro NCAP 2013 lebih ketat dibanding tahun sebelumnya. Organisasi yang bermarkas di Brussels, Belgia ini mulai memberikan kredit untuk setiap produsen yang mempermudah pemasangan kursi dan mulai menguji cruise control yang bekerja dengan menggunakan radar.

Michiel van Ratingen, Secretary General Euro NCAP mengatakan, “Euro NCAP terus berevolusi mengikuti perkembangan industri otomotif dan harapan konsumen. Hasilnya, makin banyak mobil mendapatkan empat atau lima bintang kendati kriteria juga bertambah.”

Berikut daftar mobil teraman versi Euro NCAP 2013.
Renault ZOE – Supermini
Qoros 3 Sedan – Small Family
Lexus IS 300h – Large Family
Kia Carens and Ford Tourneo Connect – Small MPV
Jeep Cherokee – Small off-road 4X4
Maserati Ghibli – Executive

Video uji tabrak Qoros 3

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com