Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Irit Kia Picanto Tembus 19,67 Kpl

Kompas.com - 19/04/2015, 17:16 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Sentul, KompasOtomotif - Hasil lomba irit Picanto Club Indonesia (PiCA) dengan rute 62.2 km dari Sunter menuju Sentul, Minggu (19/4/2015) berhasil mengalahkan pengujian internal Kia Mobil Indonesia (KMI). Hal ini menjadi bukti edukasi tentang efisiensi bisa mendorong konsumen mengelola bahan bakar lebih baik.

Direktur Marketing KMI Hartanto Sukmono mengatakan, sepuluh hari yang lalu hasil uji KMI pada Picanto menghasilkan angka 19,35 kpl untuk M/T dan 17,51 kpl di A/T. Pengetesan dilakukan pada mobil standar menggunakan rute perjalanan di hari kerja, melewati kombinasi jalan umum dan tol.

Lomba irit bertajuk “Picanto Gue Irit Lho!!!” yang diikuti PiCA menghasilkan catatan lebih baik, meski mobil yang digunakan milik pribadi dan boleh dimodifikasi. Ada total 25 peserta yang ikut, terbagi menjadi dua kategori, M/T dan A/T. Metode penghitungan memakai full to full, pencapaian terbaik di M/T yakni 19,67 kpl dan 17,88 kpl.

Febri Ardani Lomba irit “Picanto Gue Irit Lho!!!”.

Marthalina (29), satu-satunya wanita yang masuk tiga besar sekaligus terbaik di kategori A/T mengatakan mengendarai Picanto produksi 2011, kecepatan dijaga tetap di kisaran 60-70 kpj di rentang 2.000 rpm. “Saya memang rata-rata pernah hitung 18 kpl, yang lain ngebut saya standar aja. Picanto saya standar, nyetir juga AC nyala,” gembira Marthalina sambil mengatakan hadiah Rp 5 juta yang ia dapat akan dipakai untuk tambahan biaya perkawinannya bulan depan.

Hartanto menyimpulkan banyak sekali faktor yang memengaruhi keiritan bahan bakar. “Hasil efisiensi bahan bakar sangat dipengaruhi cara mengemudi, paling boros di lomba ini M/T 11,38 kpl dan 10,24 kpl untuk A/T,” ungkap Hartanto.

Perbedaan boros dan irit, lanjut Hartanto, sekitar 44 persen. Inilah jumlah biaya beli bahan bakar yang seharusnya tidak perlu dikeluarkan bila mengemudi dengan efisien. “Bayangkan ini pengeluaran Anda. Kalau cara mengemudi yang boros diubah, pengeluaran bensin berkurang 44 persen, itu tergantung bagaimana cara kita mengemudi,” katanya.

Hasil lomba irit PiCA:
M/T
Juara 1: 19,67 kpl Tomy
Juara 2: 17,79 kpl Benny
Juara 3: 16,39 kpl Tono

A/T
Juara 1: 17,88 kpl Marthalina
Juara 2: 16,80 kpl Chandra
Juara 3: 15,71 kpl Yongki

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com