Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Alphard Bekas Semakin Murah

Kompas.com - 27/03/2015, 09:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Bagi Anda yang punya uang cukup, tapi mau punya mobil dengan tongkrongan mewah, Alphard bekas bisa jadi pilihan alternatif. Pasalnya, para pebisnis mobkas memprediksi harga MPV premium Toyota ini akan turun seiring semakin banyak konsumen lama tukar-tambah dengan model lansiran terbaru.

"Kalau melihat euforia pemilik Alphard lawas yang banyak mau beralih ke model terbaru, cepat atau lambat pasti akan terjadi over suplai di pasar mobkas, otomatis harga semakin turun," tukas Leovan Widjaja, pemilik gerai mobkas Auto11 di Tangerang, kepada KompasOtomotif, Kamis (26/3/2015) petang.

Bahkan, dalam dua bulan terakhir Leovan mengaku banderol Alphard bekas sudah mulai terkoreksi, seiring gencarnya media massa memberitakan rencana pelepasan model baru. "Harga Alphard lansiran 2010 saja sekarang hanya Rp 500-525 juta, padahal sebelumnya biasa orang jual di Rp 575 jutaan. Jadi turun, sudah sampai Rp 50-75 juta, sangat besar depresiasinya," lanjut Leovan.

Selain itu, dengan kelahiran Alphard baru Leovan juga memperkirakan akan ada sebagian konsumen premium yang sebelumnya mengendarai SUV atau sedan mewah ke model terbaru. Artinya, ada potensi mobkas model-model premium lain, semacam Lexus, Harier lawas, atau yang lainnya akan tersedia di pasar.

"Tapi, tetap porsi yang paling banyak tetap Alphard, karena mereka sudah merasa nyaman dengan penggunaan model sebelumnya, cuma mau yang lebih baru, lebih mewah, prestige," beber Leovan.

Prediksi Harga Alphard Bekas

Tahun 2010 - Rp 500-525 juta
Tahun 2011 - Rp 575 juta
Tahun 2012 - Rp 575 juta
Tahun 2013 - Rp 625 juta
Tahun 2014 - Rp 675-700 juta

Depresiasi harga Rp 50 - 75 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com