Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesaing Alphard dari Mercedes-Benz Muncul di Paris

Kompas.com - 06/10/2014, 14:24 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Paris, KompasOtomotif - Mercedes-Benz meluncurkan V Class 4MATIC berpenggerak semua roda di Paris Motor Show 2014. V250 BlueTEC 4MATIC ini mulai dijual di Jerman, Desember 2014 dengan banderol 53.109, 7 euro atau Rp 811,1 juta.

MPV premium ini sebenarnya sama dengan varian berpenggerak dua roda yang sudah lebih dulu diluncurkan awal 2014, tetapi mendapat beberapa sentuhan tambahan. Desain dasbor baru, ditambah konfigurasi kabin baris kedua dan ketiga yang diklaim lebih lapang, menjadi salah satu daya tarik. Selain itu, Mercedes juga memberikan sentuhan akhir dengan menggunakan bahan material yang lebih baik. V Class ini juga disebut-sebut sebagai pengganti R Class sekaligus sebagai varian pelengkap.

Mesin menggunakan diesel, 2.1L, 4-silinder, turbo, menghasilkan tenaga 187 tk dan torsi maksimum and 440 Nm, dipadu dengan sistem transmisi 7G-Tronic Plus. Selain kelebihan lain, salah satu kelengkapan yang menonjol adalah fitur the 4ETS Electronic Traction System.

Carscoop Bodinya cukup bongsor, mampu menampung hingga 6 orang dewasa dengan captain seat.

Alar tersebut berfungsi sebagai sistem penyelaras gerak yang mendeteksi roda untuk mendapat traksi paling baik dengan permukaan tanah. Hal itu sangat berguna saat terjadi selip atau kehilangan daya cengkram antara ban dengan lintasan. Rasio pembagian tenaga antara gardan depan dan belakang adalah 45:55.

Sistem penggerak semua roda ini bersifat permanen, artinya tidak bisa dipindahkan hanya memanfaatkan dua roda saja, seperti Jeep. Tetapi, Mercedes menyatakan sudah menyiapkan varian penggerak 4-roda di masa depan.

Carscoop Interior diklaim mendapat konfigurasi jok baru sehingga lebih nyaman.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com