Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Hanyut Dalam Senyap di Atas Zero Motorcycles [Habis]

Menikmati Kecepatan Tinggi Sepeda Motor Tanpa Suara

Kompas.com - 25/12/2014, 16:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Naik sepeda motor listrik Zero benar-benar menyenangkan. Bak bayi yang mendapat mainan baru, jurnalis yang terlibat pengetesan termasuk KompasOtomotif asyik memain-mainkan handel gas untuk merasakan akselerasi ganasnya.

Namun di antara banyak keasyikan yang ditemukan, satu yang patut dibahas, yakni melesat tanpa suara. Dengan kecepatan tinggi, suara yang dikeluarkan cuma muncul dari gesekan ban dengan aspal, ditambah suara putaran sabuk penghubung.

Dengung pelan dari sektor penggerak juga cukup andil menyumbang suara, meski tak terlalu dominan. Agak aneh karena terbiasa dengan suara moge yang khas, tapi cukup unik. Saat di lampu merah pun, sepeda motor seolah mati, padahal siap kembali meluncur.

Seperti ketika KompasOtomotif gantian naik tipe SR (paling kencang). Saat digeber sampai 140-an kpj, tetap saja tidak ada suara kencang yang terdengar. Pantas Zero Motorcycles cukup sukses memasarkan tipe DS Police dan Military untuk perburuan yang butuh kesenyapan.

Garansindo Technologies Tampang dari samping sepeda motor listrik Zero.

Perlu diketahui, semua sepeda motor listrik Zero dibekali baterai lithium-ion dengan beragam kapasitas. Paling rendah diberi 5,7 kWh sementara paling besar 11,4 kWh. Semakin tinggi angka maka semakin besar energi yang dihasilkan. Tahun depan, kapasitas akan ditambah untuk tipe SR.

Soal pengendalian, cukup baik, didukung suspensi upside down, monosok di belakang. Semua suspensi bisa disetel tingkat pantulan dan kekerasannya. Ini membuat Zero mudah dikendalikan dan stabil meski menikung ”rebah”.

Peranti rem cukup baik, namun dengan tidak adanya engine brake, peranti ABS seharusnya menjadi wajib. Dan ini yang akan dilakukan Zero untuk model 2015.

Secara garis besar, sepeda motor listrik Zero menghadirkan pengalaman berkendara yang berbeda. Sensasi moge terasa, meski untuk pemula cukup "ramah" dinaiki. Tenaganya bikin kaget dengan sensasi tanpa suara. Zero Motorcycles bisa menjadi tunggangan bergengsi dengan rasa lain.

Garansindo Technologies memasarkan tujuh model. S ZF11.4, FXP ZF5.7, DS ZF11.4, SR ZF11.4, MX Military ZF5.7, FX ZF5.7, dan DS Police ZF11.4. Pemesan akan mendapatkan model 2015, mulai Februari mendatang dengan rentang harga Rp 175-290 juta off the road.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com