Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepeda Motor Listrik Zero Bisa Diadu dengan Moge

Kompas.com - 18/12/2014, 12:19 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Sepeda motor listrik Zero yang sudah memproklamirkan datang ke Indonesia membawa segudang bekal. Salah satu yang membuat PT Garansindo Technologies percaya diri adalah kemampuan akselerasi yang sangat cepat. Karakter tanpa transmisi dan mengeluarkan tenaga seketika bisa melesatkan tunggangan asal Amerika Serikat ini dengan sekejap.

Dalam test ride untuk media di Jakarta, (17/12/2014), Dhani M Yahya, Managing Director Garansindo Technologies, menyatakan bahwa Zero Motorcycles masuk dalam kategori sepeda motor besar premium. Performanya bisa diadu dengan moge bermesin konvensional, terutama soal kecepatan.

”Kalau dilihat akselerasinya bisa sebanding dengan sepeda motor 1.000-1.200cc. Karena saat handel diputar, seketika torsi berlimpah keluar dan terus linear tanpa jeda. Hal ini bisa dilihat dari catatan spesifikasi yang menyebutkan waktu tempuh berakselerasi 0-100 kpj,” ujar Dhani.

Pembanding
Dhani lantas berani menyebutkan Ducati Panigale 1199 sebagai pembanding. Untuk berakselerasi, Zero model SR ZF11.4 tidak kalah, bahkan lebih cepat. Karakter mesin listrik yang memiliki torsi besar diklaim terasa saat akselerasi awal.

Di atas kertas, tenaga dan torsi sepeda motor listrik memang kalah besar. Namun torsi bisa mencapai titik puncak jauh lebih awal. Ini yang membuat sepeda motor listrik bisa ”ngacir” lebih cepat, khususnya di awal pengetesan.

Data resmi Zero Motorcycles menunjukkan, waktu tempuh 0-100 kpj mampu diraih dalam waktu kurang dari 3,5 detik untuk model SR ZF11.4. Sedangkan rata-rata waktu tempuh 0-100 kpj untuk model lainnya dapat diraih dalam waktu kurang dari 5,5 detik.

Bandingkan dengan Panigale 1199 atau Yamaha R1 yang rata-rata akselerasi dari 0-100 kpj ditempuh lebih dari 4 detik, bahkan 5 detik. Berarti angka itu sama dengan rata-rata sepeda motor listrik Zero.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com