Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sentuh 189 Kpj, Mobil Golf Ini Cetak Rekor Kecepatan Baru

Kompas.com - 16/11/2014, 18:10 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

South Carolina, KompasOtomotif - Rumah modifikasi asal Amerika Serikat, Plum Quick Racing mengklaim mobil golf rancangan mereka sukses mencetak rekor kecepatan baru yakni 189 kpj. Catatan ini mengalahkan rekor sebelumnya, 166 kpj, yang juga dibuat Plum Quick Racing.

Rekor terbaru diciptakan di lintasan Darlington Dragway, South Carolina, Amerika Serikat, bulan lau. Palm mengatakan, mobil golf pemecah rekor sama seperti unit produksi massal, hanya sekitar 10 persen yang sudah dimodifikasi.

Nuansa elegan permainan membuat mobil golf sebenarnya tidak butuh kecepatan tinggi untuk sampai ke tujuan, sebab itu biasanya hanya dilengkapi mesin konvensional ataupun listrik yang hanya mampu berjalan hingga 24 kpj menurut standar ANSI (American National Standards Institute).

Meski sedikit penggantian komponen berperan signifikan, salah satunya adalah memasang motor listrik dan baterai berkapasitas lebih besar. Dalam rekaman yang diunggah Plum Quick Racing memperlihatkan mobil golf itu tidak jauh berbeda dengan produk lainnya, bahkan saat mencetak rekor tas golf tetap dibawa di belakang.

Meski demikian sedikit miris bila memperhatikan segi keamanan. Meski bisa saja rangka telah diperkuat, desain bodi mengotak mobil golf tidak punya panel untuk melindungi pengemudi di bagian depan, samping, dan belakang.

Berikut aksi pemecahan rekor kecepatan mobil golf:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com