Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda6 Diesel Siap Pecahkan Rekor Ketahanan

Kompas.com - 23/10/2014, 16:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Papenburg, KompasOtomotif – Mazda siap menuntaskan misi untuk semakin melambungkan citra. Merek yang terkenal dengan teknologi Skyactiv itu bersiap memecahkan rekor kecepatan dan ketahanan FIA untuk mobil produksi bermesin diesel, yang diselenggarakan di trek untuk tes berbentuk oval, Papenburg, Jerman, akhir pekan lalu.

Perusahaan membawa tiga unit Mazda6 dengan mesin 2.200cc Skyactiv-D empat silinder. Mobil ini dipacu 219 kpj selama 24 jam di trek yang disiapkan khusus itu. Dua mobil di belakangnya mengikuti dengan rata-rata kecepatan lebih rendah 1 kpj.

Target Mazda, memecahkan rekor sebelumnya di kategori mobil diesel 2.0-2.5 liter, yakni melaju 208,6 kpj. Secara total, tiga mobil menempuh jarak 5269,8 km yang ditempuh selama 24 jam.

Mobil dikemudikan 23 pengemudi dari tujuh negara di Uni Eropa, termasuk jurnalis, profesional, dan car enthusiast. Aplikasi keikutsertaan dalam ajang ini diseleksi sebelumnya sejak Mei. Mereka bergantian per 1,5 jam, dan tentu saja tidak boleh mengendurkan kecepatan.

Saat ini, Mazda sedang menunggu keputusan resmi dari FIA terkait catatan waktu resmi. Rekor lain juga berusaha dipecahkan, termasuk berhubungan dengan kecepatan lain dengan jarak tertentu.

Mesin Skyactiv Mazda diesel punya rasio kompresi 14:1 yang sangat ramah lingkungan dan irit bahan bakar. Mesin ini juga digunakan pada CX-5 dan All-New Mazda3.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com