Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Indonesia Adu "Skill" Para Teknisi

Kompas.com - 18/08/2014, 16:48 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bogor, KompasOtomotif - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kembali mengadakan Indonesia Technician Grand Prix (ITGP), salah satu program pembinaan keahlian bagi para teknisi Yamaha se-Indonesia. Kegiatan ini pertama kali diadakan tahun 2000 dan sudah memasuki tahun ke-14 kali di 2014 ini.

Berlangsung selama dua hari, 18-19 Agustus 2014 di Lor In Hotel Sentul, Bogor, Jawa Barat, 24 teknisi terbaik dari hasil seleksi tingkat regional kembali diadu. Mereka terlebih dahulu melalui penyaringan sangat ketat, diambil dari lebih 21.000 teknisi Yamaha dari semua bengkel resmi di Indonesia.

Mereka akan berkompetisi dalam empat fase, yaitu tes teori, measurement, customer reception, serta periodical inspection dan trouble shooting. Tema yang diambil tahun ini adalah "Sukses Model Yamaha R-series”.

"Itu pula yang menjadi dasar dipilihnya Sirkuit Sentul sebagai tempat dilangsungkannya acara. Sebagai sport premium berkarakter cepat, model ini sarat teknologi terkini. Karakter konsumennya sangat berbeda dari model lain, sehingga dibutuhkan pelayanan yang berbeda pula," ujar Eko Prabowo, GM Pemasaran dan Komunitas YIMM.

Tingkat dunia
Dari 24 kontestan ITGP akan diseleksi lagi menjadi enam terbaik. Juara pertama bersama juara ITGP tahun lalu, yaitu Irvan Kurniady dari Alfa Scorpii Medan, akan diikutsertakan pada ajang World Technician Grand Prix (WTGP) yang diselenggarakan pada September 2014 di Yamaha Motor Corporation Jepang.

Mereka berdua akan berkompetisi dengan teknisi-teknisi dunia berasal dari lebih 20 negara di benua Asia, Eropa, dan Amerika. Di ajang ini beberapa kali Indonesia menyabet predikat juara. Bahkan pada 2007, Yamaha Indonesia yang diwakili oleh Dewa Putu Gunawirawan dari Bali dan Djarot Imam Kristanto dari Solo, secara berurutan memperoleh juara pertama dan kedua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com