Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspor Komponen Toyota Indonesia Capai Rp 2,73 T

Kompas.com - 25/07/2014, 16:39 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Selain ditunjuk sebagai basis ekspor mobil secara utuh (CBU) oleh prinsipal, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) juga merupakan bagian dari rantai pemasok komponen global Grup Toyota. Artinya, juga mengekspor kendaraan dalam bentuk terurai penuh (CKD), mesin, dan komponen (part) ke mancanegara.

Semester pertama tahun 2014, TMMIN mengaku sudah mengirim 20.800 unit CKD ke enam negara. Selanjutnya, 30,6 juta komponen non mesin ke 16 negara dan 25.000 unit mesin utuh ke 12 negara. Juga ada 48.000 unit komponen mesin berupa kepala silinder ke Thailand.

Jika dihitung, nilai ekspor non CBU Toyota ini mencapai 236,4 juta dollar AS atau Rp 2,73 triliun. Jika ditambah dengan nilai ekspor CBU, yakni 633,8 juta dollar AS (Rp 7,33 triliun),  maka totalnya, 870,2 juta dollar AS (Rp 10,08 triliun).

”Kami berharap bahwa Toyota Indonesia dapat berperan aktif di bidang pendalaman industri otomotif terutama komponen, yang melibatkan mata rantai pemasok lokal," jelas I Made Dana Tangkas, Direktur TMMIN dalam keterangan resminya, Jumat (27/7/2014).

Basis produksi
Presiden Diretur TMMIN Masahiro Nonami menambahkan, Indonesia saat ini sudah menjadi basis ekspor yang diperhitungkan di kawasan Asia Pasifik. "Kedepannya, kami akan terus berupaya meningkatkan daya saing di antara negara-negara Asia Tenggara dalam mengantisipasi ASEAN Economy Community 2015”, beber Masahiro.

Untuk mendongkrak daya saing ekspor, Toyota meminta pemerintah untuk bisa menyokong para pelaku industri. Salah satunya, dengan kepastian infrastruktur seperti ketersediaan energi, pelabuhan baru di Jawa Barat salah satunya Cilamaya, serta dukungan kemudahan sistem kepabeanan, akan membantu peningkatan international competitiveness dari produk export buatan industri Indonesia.

Secara keseluruhan, Toyota Indonesia berharap bisa mendongkrak kinerja ekspor hingga 30 persen sampai akhir tahun. “Kami harap target bisa tercapai dengan meningkatkan ekspor ke Timur Tengah, terutama untuk jenis kendaraan sedan Vios,” tutup Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur TMMIN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com