Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pola Permukaan Bola Golf Bisa Bikin Mobil Makin Irit

Kompas.com - 14/07/2014, 08:40 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Massachusetts, KompasOtomotif - Peneliti aerodinamis asal Massachusetts Institute of Technology (MiT) di AS punya kesimpulan menarik. Jika pola cekungan pada bola golf diaplikasikan ke bodi mobil maka hasilnya bisa memangkas hambatan gerak saat melaju. Sehingga, pemakaian bahan bakar menjadi lebih irit.

Sebenarnya, prinsip kerja bola golf “melawan angin” bukanlah hal baru. Desain itu sudah digunakan sejak 1900. Bahkan bola yang digunakan di Piala Dunia 2014 juga mengadopsi hal serupa. Permukan cekung bekerja menahan aliran udara lebih lama, mengurangi turbulensi udara di belakang bola. Hal itu memperbaiki faktor utama yang menghambat laju benda tumpul.

Namun banyak manufaktur mobil menolak menggunakan desain seperti bola golf, sebab keuntungan terbesar hanya terasa pada kecepatan rendah. Saat dipacu dalam kecepatan tinggi, justru berlaku sebaliknya, mobil lebih boros.

Jawaban
MiT mengatakan, jawabannya adalah teknologi permukaan mobil yang bisa berubah dari mulus menjadi banyak cekungan hanya semudah menekan tombol.

Disebut smart morphable surface atau smorph, materialnya terdiri dari kulit luar yang fleksibel dan bagian dalam yang lebih lembut. Ketika tekanan di bagian dalam diturunkan, kulit luar akan menyusut, menciptakan permukaan seperti lesung pipit.

“Dengan kemampuan itulah mengapa menarik. Anda dapat mengubah kebutuhan mengurangi hambatan on atau off,” ujar Pedro Reis, assistant professor of mechanical engineering and civil and environmental engineering MiT.

Idenya termasuk terobosan baru, pada mobil bisa digunakan sesuai kecepatan. Berikut video cara kerja smorph.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com