Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ferrari LaFerrari Pakai Mesin F1

Kompas.com - 03/05/2014, 12:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Sydney, KompasOtomotif – Ferrari terus-terusan mencari ujung batas kemampuan mobil produksi. Ide paling “gila”, membenamkan mesin F1 di tubuh supercar LaFerrari. Tujuannya menciptakan mobil paling ekstrem sepanjang sejarah, dan model tersebut dilabeli nama LaFerrari XX.

Bisa diibaratkan, sosok yang kini tengah menjalani serangkaian pengetesan ini adalah impian paling dekat warga sipil buat merasakan sensasi “jet darat” di jalan-jalan umum. LaFerrari XX dikabarkan menggunakan mesin regulasi baru F1, hibrida V6 turbocharger yang dilengkapi sistem regenerasi energi.

Antonella Coletta, bos Sporting Activity Department Ferrari, menjelaskan kepada Top Gear, Selasa (29/4/2014), mobil yang tengah ramai diperbincangkan itu bakal segera terbit di awal tahun depan (Januari-Februari).

Autoblog Ferrari LaFerrari XX dengan mesin baru sedang diuji di Nürburgring.

Kekuatan asli LaFerrari berasal dari mesin V12, 6.3 liter, yang dikombinasikan dengan sistem regenerasi energi buat tenaga ekstra. Bila digabungkan, “otot” sebesar 900 PS mampu melesatkan supercar dari 0-100 kpj hanya dalam 2,9 detik. Reputasi LaFerrari terkenal seantero dunia, lalu bagaimana menciptakan spesies baru yang lebih hebat lagi?

Kendala
Coletta mengakui banyak kendala membuat versi XX bergerak lebih cepat dari varian standar. Namun kunci pengembangan tidak hanya fokus pada mesin. Manuver bakal lebih rigid dengan revisi suspensi, hambatan udara berkurang dengan paket aero baru, sistem kelistrikan baru guna mempercepat proses pengiriman sinyal, dan ban slick.

Soal mesin masih rahasia, Coletta tidak ingin menyebutkan apapun soal pengembangan. Spekulasi yang beredar Ferrari telah meracik mesin V6 sejak sesi latihan sebelum balapan F1 dimulai. Coletta memang tidak mengonfirmasi bila mesin itu pasti bakal digunakan pada LaFerrari XX. Meskipun tidak, Ferrari sekali lagi menunjukan kepada dunia seberapa serius pabrikan asal Italia itu menggarap supercar dengan kemampuan menyentuh batas khayalan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com