Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Land Rover Kenalkan Teknologi Kap "Transparan"

Kompas.com - 10/04/2014, 14:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Coventry, KompasOtomotif - Land Rover kembali menggoda publik dengan sedikit membocorkan salah satu teknologi pada Discovery Vision Concept, Transparent Bonnet,  sebelum debut di New York Motor Show pada 16 April 2014. Konsepnya inovatif, kombinasi kamera pada gril dan Head-Up Display memungkinkan bagian kap mesin terlihat seperti tembus pandang.

Dengan begitu, pengemudi bisa melihat kondisi permukaan jalan walaupun terhalangi kap. Fungsi ini lebih terasa membantu saat mobil tengah berada di puncak tanjakan. Dalam situasi ini banyak pengemudi kesulitan mengamati jalan hingga sukar mengambil keputusan.

“Kendaraan kami menjadi semakin layak untuk off-road, kami akan memastikan pengemudi mendapatkan rasa percaya diri untuk terus melanjutkan perjalanan dalam semua kondisi. Kami telah mengembangkan teknologi termasuk Transparent Bonnet untuk menambah pandangan nyata demi membantu mereka menyelesaikan semua rintangan, mulai dari rute ‘keras’ off-road sampai situasi ‘ketat’ seperti mencari parkir,” terang Wolfgang Epple, Direktur Pengembangan dan Teknologi Jaguar Land Rover (JRL), seperti dilansir Inautonews, Rabu (9/4/2014).

Kerja teknologi “transparan” dimulai dari kamera, data dikirimkan langsung ke tampilan head-up display pada kaca depan. Hasilnya, kalkulasi data menampilkan gambar di balik kap mesin yang terlihat seperti transparan.

Ingin tahu lebih jelas? Simak video berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com