Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

New Discovery 2014 Resmi Meluncur, Harga Rp 2,05 Miliar

Kompas.com - 22/03/2014, 15:52 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Dengan mengusung ubahan di bagian wajah, mesin, dan identitas baru, New Land Rover Discovery 2014 resmi diluncurkan Grand Auto Dinamika (GAD) di Indonesia, Sabtu (22/3/2014). Seluruh pembaruan yang dilakukan semakin mengukuhkan karisma sebagai SUV premium kelas dunia yang tangguh dan serbaguna.

Perubahan paling signifikan terletak di bagian mesin. Mengejar tantangan global untuk menciptakan kendaraan efisiensi bahan bakar dan lebih ramah lingkungan. Tipe bensin V8, 5.0 liter yang bersemayam di balik kap pada versi terdahulu dipensiunkan. Gantinya tipe V6, 3.0 liter supercharger bertenaga 340 PS dan torsi 450 Nm. GAD menjelaskan, dengan bantuan fitur baru dan Stop-Start engine, maka emisi gas buang bisa lebih rendah, 269 g/km CO2.

Dengan bobot 2,5 ton, kemampuan berakselerasi 0-100 kpj ditempuh dalam 7,7 detik, semua itu bisa dilakukan sebelum mencapai kecepatan maksimum 195 kpj. Terdapat opsi mesin lain, yakni dua tipe mesin diesel, 3.0 liter TDV6 (211 PS) dan 3.0 SDV6 (249 PS). Seluruh varian dilengkapi transmisi 8-percepatan produk ZF.

Desain
Revisi berlanjut ke bagian penampilan. Berbagai ubahan terlihat dari paduan desain segar pada gril, bemper depan, dan lampu depan yang kini dilengkapi LED
Daytime Running Light . Konsumen yang ingin tampil lebih elegan, disediakan “Black Desain Pack” dengan sentuhan detail eksklusif ala Inggris, termasuk pelek berukuran 20 inci.

Land Rover ingin menguatkan citra Discovery, sekaligus sebagai langkah awal sebelum berpisah dan memulai "kehidupan" mandiri. Di bagian kap mesin kini terpampang emblem  “Discovery” menggantikan kata “Land Rover”. Tidak hanya itu, angka 4 identik Discovery yang terletak di bagian belakang dihapus, kemudian diganti “Discovery”.

Emblem keterangan mesin, seperti SCV6, SDV6, ataupun TDV6 tak lagi diletakan di bagian belakang, melainkan di bagian panel pintu depan. Menjadi pembeda ketiga varian dari eksterior.

Senyap
Soal kenyamanan dalam kabin tidak diragukan lagi, terutama soal kensenyapan kabin. Bagi pemilik “kuping emas” makin dimanjakan dengan sistem audio racikan Meridian Hi-Line Audio System.  Dijamin, suasana ruangan mirip bioskop. 11 speaker termasuk subwoofer 300 watt siap memberikan kualitas suara yang mantap sambil menemani perjalanan.

Harga
New Discovery 2014 ditujukan buat konsumen pecinta Land Rover yang doyan kegiatan rekreasional dengan kemampuan off-road lebih dari model Defender. Lisa Wijaya, Wakil Presiden GAD mengungkapkan harga termurah (tipe SCV6) dibanderol Rp 2,05 miliar. Sementara ketetapan banderol dua varian lainnya segera diumumkan.

Namun buat peminat yang ingin langsung membeli - khususnya selama masa promosi (22-23 Maret 2014) - di Senayan City, Jakarta, diberikan harga spesial. “Khusus pameran, harga SCV6 Rp 1,999 miliar,” terang Lisa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com