Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan "Mobil Murah" Belum Meledak!

Kompas.com - 18/02/2014, 17:07 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Ketua III Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Johnny Darmawan mengatakan, penjuaan mobil harga terjangkau dan ramah lingkungan (LCGC), dirasa belum tepat sasaran (pemilik mobil pertama). Konsumen yang membeli saat ini justru sebagai mobil kedua atau pengganti mobil bekas.

"Tahun lalu, penjualan Agya dan Ayla sekitar 8.000-9.000 unit, jumlah konsumen mobil kedua dan pemilik mobil bekas itu 6.000 unit, sisanya (3.000 unit) pemilik mobil pertama" beber Johnny, di Cibinong, Jawa Barat, Selasa (18/2/2014).

Kondisi ini, jelasnya, bukan karena kesalahan pihak Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM). Pasalnya, potensi pembeli mobil pertama sudah coba dirangkul dengan mengundang komunitas, dan pengguna sepeda motor, dalam berabagai acara pengenalan mobil murah.

"Ternyata masih belum efektif. Namun, sepertinya tidak lama lagi akan tepat sasaran. Ketika itu terjadi, pasar akan meledak," beber Johnny.

Mengacu data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Januari 2014, empat model LCGC, yakni Daihatsu Ayla, Toyota Agya, Honda Brio Satya, dan Suzuki Karimun WagonR sudah mencakup pangsa 13,8 persen atau 14.286 unit terhadap total penjualan 103.494 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com