Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Mobil Jepang Tahun ini Diperkirakan Tidak Tumbuh

Kompas.com - 07/01/2014, 09:33 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber Reuters
Tokyo, KompasOtomotif - Total penjualan mobil di Jepang sepanjang tahun lalu (2013) stagnan alias jalan di tempat, cuma tumbuh 0,1 persen menjadi 5,38 juta unit. Penjualan yang sempat melesat September lalu tak berpengaruh banyak karena total pasar menurun karena subsidi mobil hijau berakhir sejak September 2012. 

Asosiasi Industri Otomotif Jepang (JAMA) dan Asosiasi Sepeda Motor Jepang menjelaskan, penjualan di pasar otomotif ketiga terbesar di dunia itu diharapkan kembali membaik dalam tiga bulan pertama tahun ini. Namun penjualan bisa terpuruk lagi mulai April setelah pemerintah memutuskan menaikkan Pajak Penjualan dari 5 persen menjadi 8 persen.

Tahun lalu, mobil kecil atau "kei car" dengan 600 cc ke bawah penjualannya menembus rekor 2,1 juta unit, naik 6,7 persen. Penjualan tumbuh karena munculnya model-model baru syarat dengan teknologi baru dan juga makin irit sertakelengkapan keselamatan terus bertambah. 

Pada bulan lalu, penjualan mobil naik 25 persen menjadi 423.210 unit, belum termasuk "Kei Car". Toyota menjadi merek terlaris termasuk Lexus naik 11,9 persen, di susul Honda melesat 105,3 persen dan Nissan naik 1 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com