Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya Splash Matik Hadir, Manualnya Lebih Murah

Kompas.com - 28/04/2013, 07:19 WIB

 

Jakarta, KompasOtomotif - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akhirnya meluncurkan New Splash transmisi otomatis di Lippo Karawaci, Jawa Barat (27/4), setelah dipasarkan sejak tiga tahun lalu, tepatnya Maret 2010. Mobil kompak segmen A ini tampil lebih segar dengan ubahan minimalis.

Itu tampak pada gril dengan rongga kotak sejajar. Pada bagian ujung lampu depan ada "jendolan", memberikan efek lebih terang waktu menyala dan kini dilengkapi dengan pengatur ketinggian cahaya (Leveling Adjuster) sesuai kondisi di jalan. Bemper, lampu kabut dan konfigurasi lampu belakang juga berubah, lebih segar dan spion elektrik.

Dari interior, peningkatan dilakukan pada audio yang 2-Din. Sementara ciri khas speedometer berlatar belakang putih bulat besar di balik lingkar kemudi dan tacometer terpisah dengan bingkai independen lebih kecil di sisi kiri atas, masih dipertahankan. New Splash juga sudah dilengkapi dengan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-Force Distribution (EBD).

Di balik kap, teronggok mesin K12M, DOHC-VVT, 4 silinder, 16 katup, mampu menghasilkan tenaga 85 ps pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 113 Nm pada 4.500 rpm. Paling menarik adalah banderol harga yang dipangkas SIS untuk tipe transmisi manual.

"Harga Splash manual kami revisi jadi Rp 140 juta dari sebelumnya Rp 148 juta. Sedangkan tipe transmisi otomatis dibanderol Rp 151 juta (on the road Jakarta," komentar Davy Tuilan, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Jaringan Pemasaran SIS di Karawaci, hari ini.

New Splash ditawarkan dalam enam pilihan kelir, yaitu Midnight Pearl Black, Metalic Bakers Chocolate, Metalic Silky Silver, Superior White, Breeze Blue Metalic dan Mystique Red.

Kerja sama ASEAN-India

Splash manual bisa lebih murah, menurut Endro Nugroho selaku Direktur Penjualan PT SIS karena adanya kerja sama ASEAN-India, sehingga pajak bisa turun dari 40 persen menjadi 21 persen. "Suzuki tidak mapu membohongi konsumen karena dinilai sudah kritis. Keputusan mengoreksi harga Splash untuk mempertahankan harga jual kembali dalam jangka panjang," ujar Endro.

Opsi menurunkan harga bukan sesuatu yang baru bagi Suzuki. Sebelumnya, SIS juga pernah melakukannya pada Swift yang harganya lebih murah Rp13 juta. "Harga jadi lebih murah, lebih baik daripada gencar melakukan diskon," tegas Endro. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com