Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Recall Mirage", KTB Rugi Minimal Rp 4,43 Miliar

Kompas.com - 03/04/2013, 17:24 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Pengumumam recall alias “Field Fix Campaign” yang baru saja dilakukan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) terhadap 1.775 unit Mirage Exceed berdampak signifikan, terutama pada neraca pengeluaran perusahaan. Agen tunggal pemegang merek (ATPM) Mitsubishi di Indonesia ini ditaksir mengalami kerugian minimum Rp 8 miliar untuk menanggung pembelian suku cadang dan proses perbaikan.

Dari penelusuran KompasOtomotif  mekanik bengkel yang spesialis menangani model-model Mitsubishi, disebutkan bahwa komponen Kabel Sensor Roda Depan (Front Wheel Speed Sensor) yang bermasalah dibanderol Rp 2,5 juta per unit. Kabel ini berfungsi menginformasikan pada komputer untuk mengaktifkan ABS dalam tingkat kecepatan tertentu dan ini tidak berfungsi. Sensor itu terdapat di masing-masing roda depan, dan bila harus diganti keduanya, harus merogoh kocek Rp 5 juta.

"Untuk biaya jasa penggantian ada tambahan Rp 300.000 lagi, itu diluar harga komponen," ujar Kepala Mekanik salah satu bengkel umum yang biasa menerima pelanggan Mitsubishi di Jakarta, kepada KompasOtomotif, hari ini (3/4/2013).

Berarti, untuk kampanye perbaikan ini, KTB harus mengeluarkan biaya Rp 4,43 miliar (1.775 unit x @ Rp 2,5 juta). Jika yang bermasalah pada kedua sensor, maka  jumlahnya Rp 8,86 miliar.

Ketika coba dikonfirmasi, Rizwan Alamsjah, Direktur Pemasaran Eksekutif KTB masih memilih untuk tidak menjelaskan nilai kerugian yang ditanggung konsumen. "Nilainya saya tidak tahu, harus dihitung dulu, nanti akan diumumkan kalau sudah jelas," beber Rizwan menjawab konfirmasi KompasOtomotif, hari ini.


 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com