Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Efisiensi Bahan Bakar Mazda CX-5 Teruji

Kompas.com - 17/03/2013, 15:03 WIB

Jakarta, KompasOtomotif – Setelah digeber 14 wartawan otomotif di fase pertama pada 4-7 Februari silam menuju Bali, dan dicoba lima artis untuk fase kedua pada 21-27 Februari, masih dalam rangkaian SKYACTIV Technology Unleash & Believe, Mazda CX-5 diuji konsumen (16/3) dengan rute Jakarta-Bogor-Jakarta bermodalkan 10 liter bensin oktan 92. Hasilnya impresif, dan semakin membuktikan keiritan konsumsi bahan bakar SUV berbobot 1,5 ton itu.

Perjalanan dilakukan seauh 120 km diikuti 14 pasangan. Mereka memulai perjalanannya dari  SPBU Shell Jl. Prof. Dr. Soepomo, Jakarta pada pukul 08.30 WIB menuju Bogor dan kembali ke Jakarta sekitar pukul 14.00 WIB.

Di "ujian" ketiga teknologi SKYACTIV CX-5 itu, diperoleh konsumsi bahan bakar paling irit 20,79 km per liter diraih Muhdi Sujatmiko dan Dwi. Mereka menempuh jarak sejauh 120,6 KM dan hanya menghabiskan bensin 5,6 liter. "Kami berjalan normal kok, tidak terlalu pelan, hanya menjaga kecepatan saja di konsumsi bahan bakar paling ideal," ujar Muhdi.

Manajer Pemasaran PT Mazda Motor Indonesia (MMI) Astrid Ariani Wijana mengungkapkan, bahwa pada fase ketiga ini, Mazda ingin melibatkan secara aktif dan memberikan pengalaman langsung bagi konsumen asyiknya berkendara dengan Mazda CX-5. Sekaligus menunjukkan peranan SKYACTIV Technology dalam memberikan performa berkendara dan efisiensi konsumsi bahan bakar secara bersamaan,” ujarnya.

Di tahap pertama, wartawan sudah membuktikan keiritan bahan bakar CX-5 dengan hanya 56 liter bahan bakar, melaju dari Jakarta mampu menembus Bali, dengan jarak terjauh 1.112,2 kilometer. Ujian ini lebih ke arah eco-drive dengan mengombinasikan teknologi dan kemampuan mengemudi secara irit.

Sedangkan fase kedua, MMI melibatkan lima public figure: Chantal Della Concetta, Ronal Surapradja, Pandji Pragiwaksono, Ananda Omesh, dan Benazio R Putra. Semuanya dibekali 56 liter bensin, dan diminta menghabiskannya sesuai dengan gaya mengemudi masing-masing.

Chantal berhasil menempuh 561,9 km selama 11 hari, sedangkan Ronal mencapai jarak tempuh 591,9 km dalam waktu lima hari. Pandji melahap jarak tempuh 567,9 km selama sembilan hari. Sementara Omesh berhasil mencapai jarak sejauh 544,5 km dalam kurun tujuh hari, Benazio R Putra dengan jarak tempuh 622,3 km selama delapan hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com