Sabtu, 25 Oktober 2014

Otomotif


SUV Kompak Ramaikan Geneva Motor Show

Penulis: Agung Kurniawan | Kamis, 07 Maret 2013 | 10:00 WIB
Dibaca:   Komentar:
|
Share:
  • Sumber : Carscoop | Author : -

    Renault mau nimbrung di pasar SUV kompak Eropa.

  • Sumber : Carscoop | Author : -

    Saudara "kembar Captur adalah Peugeot 2008.

  • Sumber : worldcarfans | Author : -

    Muka baru Suzuki SX4, lebih bertotot.

Paris, KompasOtomotif - Renault, Peugeot, Citroen, Suzuki dan Ford memperkenalkan SUV kompak terbarunya di ajang Geneva Motor Show 2013. Mereka ingin menikmati pasar SUV yang terus meningkat, meski penjualan di Eropa lagi turun.

"Situasi ini memang tidak masuk akal. Tetapi, kami tidak mengeluh," komentar Francois Bancon, Upstream Development Chief Nissan, dilansir Reuters, kemarin (6/3). Nissan Juke saat ini menjadi model terlaris di Eropa dengan total penjualan 97.000 unit dalam dua tahun terakhir. Mitra usahanya Renault berniat melepas saudara kembar Juke, Captur ke pasar karena terbuai potensi pasar yang besar.

Prediksi

Hadirnya Renault Captur dan Peugeot 2008 akan mendorong  Juke ke peringkat tiga di Eropa mulai tahun depan, menurut lembaga peneliti IHS Automotive. Secara keseluruhan,  pasar SUV kompak diprediksi mencapai 290.000 unit, tahun ini. Naik  88 persen dibandingkan tahun sebelumnya atau tiga kali lipat lebih besar dari kondisi 2009, sebelum Juke diluncurkan 2010.

Potensi ini seolah menyambut merek-merek seperti PSA, Renault, Ford, Fiat dan Opel yang lagi berusaha bertahan dari resesi ekonomi di Eropa. "Mereka bisa menekankan kalau kendaraan baru yang diperkenalkan punya gaya desain yang sama seperti hatchback yang sudah ada tapi menjadi sesuatu yang berbeda, karena konsumen mau tampil beda," beber Ian Fletcher, analis senior IHS.

Fiat sudah menyiapkan 500X, Ford mengandalkan Ecosport dan Suzuki melahirkan SX4 generasi baru. Juga ada Opel Mokka yang dikembangkan dari Chevrolet Trax. Analis dari UBS di London, Philippe Houchois mengatakan, konsumen sepertinya melihat keuntungan lebih dengan ukuran bodi ekstra, "Orang di seluruh dunia sepertinya lebih senang dengan posisi mengemudi lebih tinggi," jelas Houchois.

Hyundai dan Honda baru mau masuk ke segmen ini 2015, tahun yang sama dengan peluncuran Taigun dari VW. Toyota dikabarkan siap menyusul satu tahun berikutnya. "Kami sudah meminta untuk meluncurkannya secepat mungkin. Amerika Serikat dan Jepang akan menikmati model ini duluan," komentar Manabu Nishimae, CEO Honda Eropa.
 


Editor : Bastian