Kamis, 30 Oktober 2014

Otomotif


Yuk, Pasang Bagasi Atap Sendiri

Penulis: Aris F.Harvenda | Kamis, 05 Juli 2012 | 11:56 WIB
Dibaca:   Komentar:
|
Share:
  • Sumber : KompasOtomotif | Author : Aris F. Harvenda

    Bagasi tambahan sebagai alternatif terbaik

  • Sumber : KompasOtomotif | Author : Aris F. Harvenda

    Merakit sesuai buku petunjuk

  • Sumber : KompasOtomotif | Author : Aris F. Harvenda

    Pastikan terpasang dengan kencang dan presisi

  • Sumber : KompasOtomotif | Author : Aris F. Harvenda

    Posisikan di tengah

Jakarta, KompasOtomotif - Puasa sebentar lagi. Berarti perlu persiapan, tak cuma diri kita yang akan menjalankan puasa, juga perlu dipersiapkan kendaraan karena mungkin akan melakukan perjalanan mudik. Apalagi  "back to kampong" bersama keluarga, tentu akan banyak barang bawaan. Nah, jika mobil berjenis MPV tentu tak semua bisa ditaruh di bagasi.  Daripada perjalanan silaturahmi merasa kurang nyaman, maka  solusinya  memasang bagasi tambahan di atap (roof box).

Biasanya komponen tersebut hanya bisa diaplikasi pada SUV karena sudah tersedia pegangan di atas atap yang memanjang dari depan ke belakang (roof rail). Sementara  MPV, meski belum dilengkapi rail bisa dipasangi boks. Pasalnya, di toko aksesoris jual roof rack terbuat dari bahan aluminium. Untuk pemasangannya tidak sulit dan bisa dikerjakan sendiri. Kebetulan Boy Septa dari Motoshop di Jalan veteran, Bintaro, Jakarta Selatan memberi petunjuk

1. Rakit roof rack


Pastikan komponen yang Anda beli merupakan rack untuk penjepit samping atap bukan untuk rail. Cek dahulu semua barang yang ada di dalamnya sesuai buku petunjuk. Ikuti arahan yang tersedia, mulai dari memasang besi palang, pengikat samping atap dan penyambung keduanya.

2. Posisikan dengan benar
Setelah dirakit dengan benar dan kencang, sesuaikan posisinya di atap. "Dianjurkan untuk memasang di tengah agar titik berat tidak berubah hingga bisa tetap stabil," ujar Boy. Letakkan salah satu rack di bagian depan, biasanya di pilar A, lalu samakan lokasi kedua pengaitnya dengan mencari patokan yang mudah. Untuk memasang rack kedua - di bagian belakang - ukur jarak pengait, dan samakan antara sisi kiri dan kanan. Lalu kencangkan pengunci antara pengait dan rack. Setelah itu, tutup pengamannya agar tidak mudah dicuri. Proses ini akan lebih ringkas dan mudah bila dilakukan 2 orang untuk memasang di tiap sisinya.

3. Pasang box
Setelah rack terpasang dengan presisi dan kuat, kini saatnya meletakkan box di atas rack. Pastikan letaknya tepat di tengah antara sisi kiri dan kanan, begitu pula dengan pengait box ke rack sudah di posisi yang benar. Lalu kencangkan pengaitnya.

Sedikit tips dari Boy, sebisa mungkin barang bawaan tidak melebihi batas maksimal beban yang dianjurkan untuk box. Berkendaralah lebih hati hati karena keberadaan box mempengaruhi aerodinamis. Ditambah, perhatikan tinggi mobil ketika hendak melewati palang. pastikan tidak mentok atau menggesek box.


Editor : Bastian