Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Prius Jadi Mobil Terlaris Ketiga di AS

Kompas.com - 30/05/2012, 08:21 WIB

Los Angeles, KompasOtomotif - Prius dipasar mobil global terus membuat Toyota Motor Corporation tersenyum. Prestasinya sebagai mobil hibrida paling laku di dunia masih dipegangnya, kini ia menyodok urutan ketiga jualan terlaris di Amerika Serikat, setelah periode Januari-April 2012 terlego 247.230 unit. Jumlah ini meningkat dua kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Rekor sebelumnya diperoleh Toyota melalui Corolla dengan penjualan 300.800 unit dan Ford Focus dengan 277.000 unit.

Penjualan yang positif ini menunjukkan kembalinya keperceyaan konsumen di AS setelah dua tahun dijerat kasus jutaan "recall". Selain itu, juga pemulihan pasca bencana yang terjadi pertengahan tahun lalu di Jepang.

"Ini membuktikan kalau Prius bukan sebuah kebetulan, memang ada pasar jangka panjang di AS untuk kendaraan hibrida," komentarEric Noble, President Car Lab, Konsultan Otomotif di Orange, California, dilansir autonews (29/5/2012).

Senjata lain yang membuat Prius begitu sukses adalah dengan peluncuran generasi terbaru Aqua atau Prius C yang penjualan di Jepang terdongkrak jadi 175.080 unit para kuartal pertama dari periode sebelumnya 52.507 unit.

Keputusan pemerintah Jepang untuk memperpanjang insentif mobil ramah lingkungan, dibarengi dengan pengenalan Aqua secara bersamaan, menurut Koichi Sugimoto (senior analyst dari BNP Paribas, Tokyo) turut mendorong penjualan.  Sugimoto menilai, Toyota menjadi salah satu merek yang tetap mempertahankan penjualan positif meskipun pemerintah nantinya mencabut insentif penjualan sama seperti merek lain Hyundai Elantra, Volkswagen Golf, Ford Fiesta, Chevrolet Cruze dan Honda Civic.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com