Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Zulkifli BJ dari Geneva Motor Show 2012

Infiniti Emerge-E, 400 Kuda Berjubah Sutra

Kompas.com - 07/03/2012, 13:15 WIB

JenewaKompasOtomotifGeneva Motor Show 82nd atau  Salon de  l’auto de Genève 2012,   dibuka kemarin  khusus untuk wartawan. Pada kesempatan tersebut, berbagai merek yang mengikuti pameran ini, memperkenalkan mobil konsep atau produksi siap jual, baik yang pertama di dunia maupun di Eropa atau di Jenewa.  Hampir seluruh petinggi produsen mobil dunia, khususnya Eropa hadir memperkenalkan produknya, baik masih dalam tahap konsep maupun yang sudah siap dipasarkan.

Kali ini KompasOtomotif hadir di pembukaan Salon de  l’auto de Genève 2012 atas undangan Infiniti Indonesia dengan dua wartawan media cetak lainnya.  Pada pameran ini, Infiniti – merek premium dari Nissan -  memperkenalkan mobil konsep terbarunya yang disebut Emerge-E, mobil sport kompak  listrik “Range Exentender”. 

Secara teknis bisa juga dikatakan adalah mobil hibrida seri, kombinasi mesin bensin dan motor listrik, namun untuk menggerakkan mobil selalu menggunakan motor listrik, sedangkan mesin bensin hanya berfungsi sebagai genset (mengisi baterai dan memberikan energi listrik ke motor listrik).

Sutra

Pengenalan mobil konsep Infiniti Emerge-E termasuk salah satu yang ditunggu banyak wartawan internasional. Maklum, sebelumnya sebagian wajah mobil ini sengaja dibocorkan ke media untuk bikin penasaran.

Setelah diperkenalkan, mobil ini diberi julukkan “400 wild horses in a silky dress”. Pasalnya, dengan penampilan yang anggun dan cantik, mobil  dengan seluruh bodinya berwarna metal ini 2 motor listrik  untuk menggerakkan mobil, masing-masing  menghasilkan tenaga 150 kW atau total 300 kW atau setara dengan 402 PS atau tenaga kuda.

Torsi yang dihasilkan oleh motor listrik yang digunakan Infiniti Emerge-E ini  mencapai 1.000 Nm dan diperkirakan mampu dikebut  untuk 0 – 100 km/jam dalam 4 detik. Sedangkan mesin bensin yang digunakan -  dikembangkan oleh Lotus,-  kapasistasnya hanya 1,2 liter dan merupakan mesin 3 silinder.

Infitini merupakan salah satu dari tiga merek  dari aliansi Renault-Nisssan yang ikut  di Salon de  l’auto de Genève 2012 dan berada di lokasi berbeda. Karena itu, secara bergantian para petinggi Renault-Nissan hadir  memperkenalkan Nissan, Infiniti dan Renault.

Khusus untuk Infiniti, penggenalan langsung dipimpin oleh Andy Palmer, Executive Vice President Global Infiniti, Product Planning, Global Marketing Communications dan Shiro Nakamura (pernah datang ke Indonesia memperkenalkan Infiniti), Senior Vice President, Chief Creative Officer of Design, Brand  Management.

Red Bull Racing

Pada  penggenalan Infiniti Emerge-E, juga hadir  bos dari tim balap pemenang musim 2010 dan 2011, yaitu  Red Bull Racing, Christian Horner dengan pembalap cadangan tahun ini - kebetulan warganegara  Swiss - Sèbastien Buemi. Bisa dimaklumi, karena Infiniti, merupakan salah satu sponsor RBR yang menggunakan mesin Renault. Karena itu pula, mobil mobil F1 RBR pun hadir di booth Infiniti.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com