Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford Fiesta ST "Facelift" Lebih Sangar dan Bertenaga

Kompas.com - 06/03/2012, 18:57 WIB

Dearborn, KompasOtotmotif - Aneh, di pameran kelas dunia seperti Geneva Motor Show,  Ford yang membawa beberapa produk, ada di antaranya Fiesta ST "facelift" yang akan dipasarkan di Eropa akhir 2012 atau awal 2013. Apa istimewanya?

Kendaraan hatchback itu menggendong mesin baru  EcoBoost berkapasitas 1.6 liter ditunjang dengan turbocharger. Tenaga maksimum yang dihasilkan 180 PS, meningkat 32 PS dari sebelumnya,  dengan torsi 240 Nm.  Dengan tenaga segitu, cocok untuk anak muda, apalagi akselerasi 0 - 100 kpj ditempuh kurang dari 7 detik dan mampu mencapai kecepatan maksimum 219 kpj. Kadar emisi juga dapat ditekan hingga 20 persen.

"Kami percaya para konsumen bakal senang menerima kehadiran Fiesta ST, bukan hanya penambahan tenaga dan juga tampilannya yang makin sporty dan dinamis," ujar Jost Capito, Director Global Performance Vehicle, Ford.

Perubahan desain muka tampak pada gril besar model kisi - kisi sarang tawon seperti air dam. Sementara air dam memiliki dimensi lebih kecil model garis. Rumah lampu kabut juga berubah, lebih berbentuk kotak dan menonjol. Lampu utama lebih tipis dan landai di ujungnya. Untuk mendukung tenaga yang gahar,  keempat roda memakai pelek palang lima.

Tak cuma itu. Kalau melongok ke belakang, padabagian bawa terdapat pembelah angin (diffuser) dengan spoiler atas membuat kian kental kesan sport. Nuansa ini juga menjalar ke interior, seperti jok semi-balap dari Recaro dengan kelir kombinasi merah-hitam ditambah logo ST yang diembos pada sandaran.  Setir palang tiga yang sporty lengkap dengan tombol pengatur.

Dasbor tengah berubah bentuk pada tombol kontrol dengan ukuran mini dan timbul. Layar monitor di atasnya masih tetap, baik model dan fungsinya.

Ketika bermanuver di tikungan, kestabilan mobil dikontrol secara elektronik (ESC) dan Guna mendapatkan kestabilan yang baik,  kualitas sistem suspensi ditingkatkan dengan penggantian  sokbreker dan per yang membuat tongkrongan Fiesta ST lebih ceper 15 mm. .

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com