Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Fit "The Best Value" Versi Consumer Reports

Kompas.com - 05/01/2012, 08:29 WIB

Yonkers, KompasOtomotif - Toyota Camry boleh saja menjadi mobil paling direkomendasi konsumen oleh majalah non profit Consumer  Reports (CR), Amerika Serikat. Namun Honda Fit atau di Indonesia dikenal dengan Jazz, memperoleh predikat sebagai mobil kecil dengan "nilai terbaik" (Best Value). 

Honda Fit memperoleh predikat tersebut saat merek lain bermunculan mengisi segmen yang sama. Dari total 200 mobil  lain yang dianalisis, Fit ternyata tetap yang terbaik.

"Harga murah bukan satu-satunya alasan untuk menjadi best value. Menurut kami, nilai sebenarnya adalah yang diberikan mobil itu sesuai dengan uang yang dikeluarkan. Mobil murah, tapi kalau sehari-harinya ongkosnya lebih mahal, akan  mengecewakan," beber Rik Paul, Editor Otomotif Consumer Reports.

Dari 200 merek dan model - mulai dari Honda Fit sampai Jaguar XJL - aspek yang dinilai adalah performa, ketergantungan dan biaya  kepemilikan. Untuk hal yang terakhir, nilai yang dikumpulkan termasuk konsumsi bahan bakar, asuransi, suku bunga cicilan, perawatan, perbaikan dan pajak kendaraan kepemilikan kendaraan selama 5 tahun.

Dari seluruh penilaian, terdapat total 11 kategori dibagi berdasarkan segmen, mulai dari mobil hatchback kompak, sedan keluarga, sedan mewah, mobil sport, wagon, minivan, SUV kompak, SUV menengah, SUV besar (premium), pikap kompak dan pikap "full size".

Berikut kutipan produk terbaik dan terburuk berdasarkan majalah Consumer Report :
- Best Value Small Car    : Honda Fit
  Worst Value Small Car  : Chevrolet Cruze 1LT

- Best Value Upscale & Luxury Sedan   : Lexus ES 350
  Worst Value Upscale & Luxury Sedan : Jaguar XJL

- Best Value Small SUV   : Toyota RAV4 (base, 4-cyl.)
  Worst Value Small SUV : Jeep Liberty Sport

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com