Kamis, 23 Oktober 2014

Otomotif


Mengintip Daihatsu All-New Sirion Melalui Myvi

Penulis: | Selasa, 05 Juli 2011 | 17:01 WIB
|
Share:
  • Sumber : - | Author : Perodua & ADM

    Perbedaan Daihatsu All-New Sirion (kiri) berdasarkan Myvi dengan versi lama (kanan), depan dan belakang

  • Sumber : - | Author : Perodua & ADM

    Desain kokpit, posisi tongkat transmisi dan instrumen pada All-New Sirion

  • Sumber : - | Author : Perodua

    Perodua New Myvi yang menjadi dasar Daihatsu All-New Sirion

JAKARTA, KOMPAS.com — Besok Daihatsu berencana memperkenalkan All-New Sirion sekaligus memberi kesempatan kepada wartawan untuk mencobanya keliling Jakarta. All-New Sirion merupakan satu-satunya produk Daihatsu yang dipasarkan di Indonesia, diimpor dari Malaysia. Di Negeri Jiran tersebut, All-New Sirion adalah Myvi yang diproduksi oleh Perodua, mitra Daihatsu Motor Co Ltd di Malaysia.

Di negara tetangga tersebut, Myvi terbaru atau redesain diluncurkan pertengahan Juni lalu. Rilis yang dipublikasikan Daihatsu Motor Co Ltd, Jepang, menyatakan, basis Myvi adalah Boon baru yang dipasarkan di Jepang Februari tahun lalu.

Di Malaysia, Myvi dilengkapi dengan ABS dan EBD dan dijual mulai dari 43.900 ringgit (sekitar Rp 125 juta) sampai 57.800 ringgit (sekitar Rp 164 juta). Untuk Indonesia, kami harus menunggu pengumuman Astra Daihatsu Motor besok. Sebagai referensi, saat ini Daihatsu menjual Sirion mulai dari Rp 157,9 juta sampai Rp 171,3 juta.

Segmen
Gaikindo memasukkan Daihatsu Sirion ke segmen nonsedan kompak medium, yaitu kelompok Honda Jazz, Toyota Yaris, Ford Fiesta, Mazda2, Suzuki Swift dan SX-4. Kendati demikian, melihat harga dan mesin yang digunakan mobil ini, posisi Sirion berada antara subkompak atau city car dan kompak medium. Sirion berada di atas Nissan March, Kia Picanto, Chevrolet Spark, dan Hyundai i10.

Melihat spesikasi yang dikeluarkan oleh Perodua, tidak ada perubahan pada mesin, tetap berkapasitas 1,3 liter dan menghasilkan tenaga 92 PS (67 kW) pada 6.000 rpm seperti yang digunakan Sirion sekarang. Perubahan total justru dilakukan pada bodi (eksterior) dan interior.

Lebih besar
Untuk bodi, tidak hanya penampilan yang berubah, tetapi juga dimensi. All-New Sirion lebih panjang 35 milimeter dibandingkan Sirion tipe M dan 60 mm dari tipe Sirion D. Jarak sumbu roda juga lebih panjang dari 2.440 mm menjadi 2.445 mm.  

Lampu depan, gril, dan bumper berubah total dengan penampilan lebih gaya dan sporty. Begitu juga dengan lampu belakang kini menggunakan LED. Perubahan lain adalah power steering, kini menggunakan motor listrik yang dipasang langsung di batang setir. Lampu depan kini tipe proyektor dan lampu bulat.

Interior mengalami perubahan total, baik dasbor, setir, dan panel instrumen. Tongkat transmisi tidak lagi berada di lantai, tetapi di bagian dasbor, seperti Gran Max. Penampilan lebih dinamis dengan dua warna gelap dan abu-abu.

Panel instrumen dilengkapi dengan informasi pemakaian bahan bakar rata-rata, jarak yang bisa ditempuh oleh bahan bakar yang tersisa dan peringatan bensin tinggi sedikit.  

Spesifikasi All-New Sirion Berdasarkan Myvi

Dimensi
Panjang                (mm) 3.765
Lebar                   (mm) 1.665
Tinggi                   (mm)      1.545
Jarak sumbu roda  (mm) 2.445
Radius putar 4,7 meter
Mesin
Mekanisme katup DOHC, 16 katup
Kapasitas 1.298 cc
Perbandingan kompresi 10 : 1
Tenaga maks 67 kW@ 6.000rpm
Torsi maks 117 Nm @4.400
Kapasitas tangki 40 liter

 


Editor : Zulkifli BJ