Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Bantu VW Produksi Mobil Kecil

Kompas.com - 06/09/2010, 15:14 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com — Produsen mobil terbesar di India, Maruti Suzuki India Ltd, akan membantu Volkswagen AG (VW) dalam memproduksi mobil kecil. Konon, harga jualnya diestimasikan pada 8.600 dollar AS atau Rp 77,2 juta per unit di pasar domestik.

Ikhwal ini diberitakan media lokal Financial Express, tanpa menyebutkan sumber berita, hari ini. Dalam kerja sama tersebut, Maruti akan diuntungkan dengan memperoleh proses manufaktur mesin diesel dari VW.

Pimpinan prinsipal Suzuki-Jepang, Osamu Suzuki, dikabarkan akan datang ke India akhir bulan ini untuk bertemu dengan pihak VW. Sedikitnya, akan ada tiga pengumuman penting dari pertemuan itu, yakni pendirian perusahaan gabungan, kontrak pabrik, dan lainnya.

Terkait isu yang berkembang, RC Bhargava, Presiden Direktur Maruti-Suzuki, di New Delhi tak bisa dihubungi untuk dimintai keterangan. Sementara itu, belum ada informasi tambahan, terutama mengenai jadwal awal dari proses produksi.

Seperti diketahui, langkah akuisisi yang dilakukan VW terhadap 19 persen saham Suzuki pada akhir tahun lalu mulai menunjukkan hasil. Tak lama lagi, akan tercipta produk kolaborasi kedua merek yang sekaligus memunculkan persilangan dari kelebihan masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com