Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Rahasia Datsun Sukses di Indonesia

Kompas.com - 13/10/2015, 17:04 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Datsun Indonesia tengah "berlari kencang". Merek di bawah payung Nissan Motor Indonesia (NMI) itu sekarang mampu menopang setengah dari total penjualan induk perusahaan (Nissan), yakni 60.000 unit. Inilah bukti Datsun berkembang pesat dan diharapkan jadi tulang punggung NMI. Meski begitu bila dilihat dari skala global, bisnis Datsun di Indonesia juga jadi salah satu penopang utama.

Selain di Indonesia, selama ini bisnis Datsun beroperasi di India, Rusia, dan Afrika Selatan. Selanjutnya, Corporate Vice President, Global Head of Datsun Vincent Cobee, di Jakarta, Selasa (13/10/2015), mengungkapkan, Datsun akan bergerak ke negara berkembang seperti Nepal dan Namibia. Datsun di Indonesia diungkap adalah salah satu yang terbaik.

“Saya pikir aman untuk berkata Datsun di Indonesia adalah salah satu yang terbaik. Ada alasan untuk ini, sudah pasti karena kita punya pabrik dengan performa bagus di Purwakarta, kami punya tim pemasaran dan penjualan bagus di Jakarta, dan kami juga punya keuntungan karena merek Datsun sudah ada lama,” ulas Cobbe.

Datsun Indonesia kini memasarkan dua model di kelas “mobil murah” yaitu MPV Go+ Panca dan hatchback GO, serta sedang menanti meluncurkan model ketiga. Menurut Cobee, Datsun Indonesia telah sukses mendapatkan pangsa pasar 18 – 20 persen segmen “mobil murah”, posisinya sebagai merek terlaris fluktuatif antara kedua dan ketiga.

“Ini cukup bagus buat merek kita yang masih berumur satu tahun,” ucap Cobee.

Sampai akhir tahun, Datsun Indonesia akan didorong menjual lebih banyak unit. Penetrasi yang dikejar mengarah ke konsumen di luar kota-kota besar mengingat 40 – 50 persen pembeli Datsun adalah pembeli mobil pertama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com