Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Syarat Laik Jalan Mobil di Indonesia

Kompas.com - 08/10/2015, 12:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Hasil tes tabrak oleh New Car Assessment Program Southeast Asian Countries (ASEAN NCAP) bukan jadi patokan kualitas mobil dijual di Indonesia, menurut Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia (NMI) Steve Ardianto. Ia mengatakan syarat utama mobil laik jalan adalah lolos uji tipe dari Pemerintah Indonesia.

Hal itu diungkap sebagai tanggapan hasil ujian ASEAN NCAP bulan lalu pada mobil murah Datsun GO. Hatchback yang sudah dilengkapi kantong udara di depan pengemudi itu mendapatkan rating dua bintang untuk perlindungan penumpang dewasa dan anak-anak.

“Kita mesti jelas dulu tolak ukuranya apa. Di Indonesia itu tolak ukurnya peraturan pemerintah lewat uji tipe. ASEAN NCAP ini kan pihak ketiga, seakan kalau sudah dites di sana sudah bagus. Saya tidak tahu bagaimana pemerintah menyikapi itu,” ujar Steve, di Jakarta, Rabu (8/10/2015).

Datsun Indonesia Rombongan Datsun Go Panca digeber di jalanan Sulawesi.
Dasar peraturan uji tipe berasal dari Undang-undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Sebagai turunan dari itu uji tipe diatur Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2012 Tentang Kendaraan.

Dalam pasal 1 (10) Peraturan Pemerintah disebutkan “Uji Tipe Kendaraan Bermotor adalah pengujian yang dilakukan terhadap fisik Kendaraan Bermotor atau penelitian terhadap rancang bangun dan rekayasa Kendaraan Bermotor, Kereta Gandengan atau Kereta Tempelan sebelum Kendaraan Bermotor dibuat dan/atau dirakit dan/atau diimpor secara massal serta Kendaraan Bermotor yang dimodifikasi”.

“Jadi kalau ada yang tanya Datsun aman atau tidak, pasti (jawabannya) aman karena laik dikendarai,” papar Steve.

Meski begitu hasil ASEAN NCAP bukan disepelekan. Saran pengembangan model dari Indonesia dikatakan sangat berpengaruh pada rancangan Datsun, jadi ada kemungkinan perbaikan kualitas. Masukan dari Indonesia yang sudah memengaruhi prinsipal yaitu membuat model MPV dengan kapasitas 5+2 penumpang Datsun GO+ Panca.

“Pasti kita akan berusaha untuk lebih baik hasilnya, apalagi di pasar pasti ada komparasi jadi harus terus berkompetisi,” ujar Steve.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com