Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Mobil Murah Datsun Baru Seperti Ini, Pendapat Anda?

Kompas.com - 12/10/2015, 07:41 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Datsun memberi kepastian bakal mengenalkan model ke-3 untuk Indonesia tahun ini. ”Bau-baunya”, penampilan perdana dilakukan dalam event Tokyo Motor Show akhir Oktober 2015, lalu diikuti dengan launching resmi di Indonesia tak lama kemudian.

Belum ada kepastian soal model. Bahkan konsep mobil kecil Redi-Go sudah dipastikan hanya khusus untuk India. Kendati demikian, KompasOtomotif mendapat bisikan bahwa ”mainan baru” Datsun di Indonesia itu adalah model SUV atau crossover mungil, menemani Go+ Panca dan Go hathcback.

Renault Model ini dijual murah di India, hanya kurang dari Rp 60 juta!
Kecurigaan terbesar mengarah ke crossover terbaru Renault yang merupakan model global, yakni Kwid. Model ini sudah ditunjukkan awal tahun, lalu meluncur resmi di India sebagai destinasi pertama, Mei 2015 lalu. Hingga sekarang, pemesanan model ini mencapai 25.000 unit!

Sangat wajar, karena inilah crossover termurah saat ini. Harganya cuma 256.968 rupee atau setara 4.000-an dollar AS, atau jika dirupiahkan sekitar Rp 53 jutaan! Renault mengatakan bahwa 40 persen pembelinya berusia di bawah 28 tahun, 15 persen di antaranya wanita.

Renault Interior Renault Kwid.
Hubungan

Apa hubungannya dengan Datsun? Seperti kita ketahui, Datsun adalah merek yang berdiri di bawah aliansi Renault-Nissan. Menjual Renault Kwid dengan merek dagang Datsun adalah sah, legal, dan sangat mungkin dilakukan. Apalagi, harga yang terjangkau adalah salah satu arah dilahirkannya kembali merek Datsun setelah mati suri bertahun-tahun.

Kwid adalah crossover yang dibangun dari platform baru, yakni disebut Common Modular Family (CMF)-A. Tak menggunakan tampang yang sama pun, platform ini juga bisa dipakai Datsun untuk mengembangkan model baru.

Jika prediksi ini benar, Datsun akan menjadi LCGC pertama yang terjun di segmen crossover danberpeluang merangkul pembeli baru yang mendamba SUV murah. Pendapat Anda?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com