Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil MotoGP Thailand 2024, Bagnaia Juara Pelihara Asa Juara Dunia

Kompas.com - 27/10/2024, 15:45 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


 

JAKARTA, KOMPAS.com - Francesco Bagnaia berhasil menjadi juara pada balapan utama seri ke-18 MotoGP 2024 yang digelar di Sirkuit Buriram, Thailand sore ini, Minggu (27/10/2024). Kemenangan ini membuka asa Pecco Bagnaia menjaga gelar juara dunia.

Berlangsung selama 26 putaran, persaingan sengit tersaji secara intens. Apalagi arena balap sedang dalam kondisi basah karena diguyur hujan.

Meskipun banyak pebalap yang mengalami lowside dan kehilangan keseimbangan ketika bermanuver imbasnya, Jorge Martin dan Jack Miller berhasil konsisten membuntuti di posisi dua dan tiga.

Baca juga: Bagnaia Harus Berani Tekan Martin kalau Mau Juara Dunia

Ketika balapan dimulai, Jorge Martin yang memulai laga dari posisi tiga langsung melesat melewati Enea Bastianini dan Francesco Bagnaia yang berada di depannya.

Melihat lesatan itu, Marc Marquez dan Fabio Quartararo mengikuti di belakang dengan harapan bisa naik podium. Tetapi setelah melewati tikungan kedua, Bagnaia secara berani langsung menempel mereka.

Sayang pada kesempatan tersebut, dirinya belum bisa mendahului Jorge karena telat memberikan respons. Sehingga terdapat jarak sekitar 1 detik antara keduanya.

Baca juga: Bengkel Sarankan Spooring tapi Kemudi Masih Stabil, Haruskah Diikuti?

Sementara Marquez menempati posisi ketiga, diikuti Quartararo serta Brad Binder. Sedangkan Bastianini terpaksa turun ke peringkat-10, bersama Maverick Vinales dan Marco Bezzecchi.

Memasuki putaran ke-3, Quartararo yang berada di posisi keempat mengalami kontak langsung dengan Franco Morbidelli ketika hendak bermanuver tajam di lintasan yang basah. Sehingga membuatnya keluar arena balap.

Tidak berlangsung lama, Martin juga mengalami kesalahan ketika bermanuver. Dirinya melebar, membuat ruang bagi Bagnaia dan Marquez untuk mendahului. Untungnya, Martin masih bisa mengendalikan laju motor secara baik walau terpaksa turun ke posisi tiga.

Tujuh putaran berlangsung, kejutan kembali terjadi di partai tengah yang melibatkan Morbidelli. Dirinya terpeleset ketika hendak menjaga posisi ke-7 dari Pedro Acosta dan Vinales. Kondisi serupa dialami oleh Bastianini setelahnya.

Sementara itu, perebutan pebalap tercepat MotoGP Thailand 2024 makin memanas. Di mana, Marquez mulai memberi serangan tajam ke Bagnaia yang memimpin laga dengan jarak 0,164 detik saja.

Baca juga: Tak Cukup Cuma Pakai Helm, tapi Helm Mesti SNI

Adapun Martin tampak masih mengamati dari posisi ke-3 sembari menjaga stabilitas motor. Sebab dirinya tampak kehilangan grip pada beberapa tikungan imbas lintasan yang basah.

Tersisa 13 putaran, persaingan antara tiga pebalap terdepan semakin intens. Marquez yang beberapa kali menusuk terus digagalkan Bagnaia hingga pada akhirnya mengalami crash karena lowside di tikungan-8.

Dengannya, Martin secara otomatis menempati posisi ke-2. Tapi jarak untuk mendahului Bagnaia masih sangat jauh yaitu 2.664 detik. Posisi tersebut diikuti Miller dan Binder dengan selisih sekitar 2 detik.

Tersisa lima putaran, jarak antara Bagnaia dan Martin semakin jauh sekitar 2.7 detik. Sementara Miller dan Binder terpantau masih terus berusaha memperkecil jarak merebut posisi terbaik di papan atas.

Sedangkan pada partai tengah, secara berurutan ada Acosta di urutan kelima, diikuti Fabio Di Giannantonio, Vinales, Alex Fernandes, Aleix Espargararo, serta Alex Marquez.

Hasil Balap MotoGP Thailand 2024:

1 Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP24)
2 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP24)
3 Pedro Acosta SPA Red Bull GASGAS Tech3 (RC16)
4 Fabio Di Giannantonio ITA VR46 Ducati (GP23)
5 Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16)
6 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
7 Maverick Viñales SPA Aprilia Factory (RS-GP24)
8 Johann Zarco FRA LCR Honda (RC213V)
9 Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory (RS-GP24)
10 Alex Marquez SPA Gresini Ducati (GP23)
11 Marc Marquez SPA Gresini Ducati (GP23)
12 Luca Marini ITA Repsol Honda (RC213V)
13 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
14 Enea Bastianini ITA Ducati Lenovo (GP24)
15 Joan Mir SPA Repsol Honda (RC213V)
16 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
Augusto Fernandez SPA Red Bull GASGAS Tech3 (RC16)
Alex Rins SPA Monster Yamaha (YZR-M1)
Lorenzo Savadori ITA Aprilia Factory (RS-GP24)
Franco Morbidelli ITA Pramac Ducati (GP24)
Raul Fernandez SPA Trackhouse Aprilia (RS-GP24)
Marco Bezzecchi ITA VR46 Ducati (GP23)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau